(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

AKSI BE-PASIH : BULELENG PANTAI BERSIH

Admin dlh | 04 Juli 2024 | 414 kali

AKSI BE-PASIH : BULELENG PANTAI BERSIH

Oleh:

Kadek Sukrawan

 

Pantai merupakan salah satu daya tarik utama bagi wisatawan asing maupun lokal yang datang ke Indonesia. Keindahan alamnya yang memukau, dengan pasir putih / pasir hitam, air laut yang jernih dan pemandangan yang memikat, membuat pantai-pantai di Indonesia khusunya pantai yang ada di Bali sangat terkenal di seluruh dunia namun di balik keindahan tersebut, terdapat masalah yang perlu segera kita atasi, yaitu sampah di pantai.

Sampah di pantai bukan hanya menganggu keindahan alam, tetapi juga dapat merusak ekosistem laut dan mengancam berbagai spesies laut. Untuk itu, perhatian terhadap kebersihan pantai sangat penting. Salah satu upaya untuk menjaga kebersihan pantai adalah dengan melakukan “bersih pantai”. Bersih pantai adalah kegiatan membersihkan pantai dari sampah-sampah yang ada, mulai dari sampah organik hingga sampah plastik yang sulit terurai.

Dalam menjaga kebersihan pantai, kesadaran masyarakat sangatlah penting melalui kesadaran ini setiap orang akan memahami betapa pentingnya menjaga kebersihan pantai dan merasa bertanggung jawab untuk turut serta dalam kegiatan bersih pantai. Kesadaran masyarakat dapat juga mendorong pemerintah dan berbagai pihak terkait untuk mengadakan kampanye dan program-program bersih pantai.

Pemerintah memiliki peran penting dalam menjaga kebersihan pantai. Mereka dapat mengatur kebijakan yang mendukung program bersih pantai, seperti pengelolaan sampah yang baik, pengadaan tempat sampah yang memadai di sekitar pantai, dan pengawasan terhadap aktivitas yang dapat merusak kebersihan pantai. Pemerintah juga dapat memberikan sanksi bagi mereka yang melanggar aturan kebersihan pantai. Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar Aksi Be-Pasih, yaitu aksi bersih-bersih di sepanjang pesisir pantai guna wujudkan Buleleng Pantai Bersih. Lokus kegiatan Be-Pasih kali ini menyasar Pantai Pura Taman Sari yang berlokasi di Jalan Flores, Kelurahan Kampung Baru. Dalam bersih-bersih pantai ini tidak lepas juga dengan rangkaian Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2024.