(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

UBAH SAMPAH PLASTIK MENJADI BAHAN KERAJINAN YANG BERMANFAAT

Admin dlh | 23 November 2022 | 268 kali

UBAH SAMPAH PLASTIK MENJADI BAHAN KERAJINAN YANG BERMANFAAT

 

Oleh:

 

I Putu Eka Juliartawan, A.Md

 

 

Sampah di Indonesia khususnya Bali semakin meningkat seiring dengan pesatnya perkembangan produksi minuman botol dari plastik. Kemasan yang menarik, mudah ditemui serta penggunaannya yang sekali pakai membuat minuman botol menjadi pilihan banyak warga. Banyaknya botol plastik yang kita gunakan menghasilkan sampah yang melimpah. Banyak resiko yang ditimbulkan dari sampah botol plastik karena sampah ini tidak dapat dengan mudah diurai oleh mikroorganisme di dalam tanah. Menumpuknya sampah plastik dapat menimbulkan penyakit seperti demam berdarah, karena botol tersebut dapat dijadikan sarang oleh nyamuk untuk bertelur serta saat musim hujan dapat juga menyebabkan banjir jika dibuang sembarangan. Pemilahan sampah serta penampungan sampah dengan baik bukanlah jalan untuk mengurangi penumpukan sampah. Lalu bagaimana caranya untuk mengurangi sampah, khususnya sampah plastik yang sudah menumpuk?

Jawaban yang tepat adalah dengan cara diolah. Pengolahan sampah plastik saat ini sudah banyak diketahui warga. Pengolahan limbah atau sampah plastik dapat dilakukan secara kreatif dan inovatif, dimana menjadikan sebuah sampah plastik sebagai produk baru yang memiliki kegunaan serta bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari manusia, bahkan dapat juga menjadi produk yang memiliki nilai komersial (Putra, Hijrah Purnama dan Yebi Yuriandala. 2010). Botol plastik bekas ini bila diolah dengan dapat dimanfaatkan menjadi pot-pot media tanam vertikultur yang tidak memerlukan banyak tempat. Jika diatur dan ditata dengan baik, pot-pot yang dibuat dari botol plastik bekas ini bisa menjadi menarik dan menambah keindahan taman, jalan kampung, atau halaman rumah dengan lahan terbatas (Ariani, 2018). Cara pembuatan pot tanaman dari botol plastik bekas ini juga sangat mudah dan dapat diakses di media sosial serta tidak menghabiskan biaya yang banyak. Mari kita ciptakan lingkungan yang bersih dari sampah plastik dan terus berkreatifitas.

 

 

Referensi:

Putra, Hijrah Purnama dan Yebi Yuriandala. 2010. Studi Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Produk dan Jasa Kreatif. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. Vol: 2, No: 1, Hal: 21?31.

Ariani. 2018. Pemanfaatan Botol Plastik Bekas menjadi Media Tanam (Pot) di Lahan Sempit. ABDIMAS PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. Vol: 2, No: 1, Hal: 1-7

 

Sumber gambar: pinterest.fr