(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

DAUN SIRIH SEBAGAI OBAT DAN SEKALIGUS DAPAT DIJADIKAN SEBAGAI TANAMAN HIAS

Admin dlh | 28 November 2022 | 353 kali

DAUN SIRIH SEBAGAI OBAT DAN SEKALIGUS DAPAT

DIJADIKAN SEBAGAI TANAMAN HIAS

 

Oleh:

 

Komang Agus Triyasa, A.Md

 

Indonesia dikenal sebagai negara yang amat kaya akan rempah-rempah. Selain itu, tanah yang subur pun memungkinkan masyarakatnya untuk menanam beragam jenis tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat luar biasa berkat kandungan-kandungan di dalamnya. Salah satu jenis daun yang sangat mudah didapatkan di penjuru Nusantara dan memiliki banyak khasiat adalah daun sirih. Mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini karena dahulu sering digunakan para orang tua untuk mempertahankan kesehatan gigi. Tidak jarang juga kita melihat orang tua terdahulu sering mengunyah daun sirih. Selain itu, pada saat mimisan orang tua selalu memberi pertolongan pertama dengan menggunakan daun sirih sebagai obatnya. Namun tidak hanya itu, daun sirih menyimpan aneka manfaat dan keguanaannya apabila bisa dimanfaatkan secara maksimal dapat menghadirkan kesehatan.

Tanaman sirih memang mudah ditanam. Oleh karenanya, sirih menjadi salah satu favorit banyak orang yang hobi mengoleksi tanaman ini. Sebab selain mampu menjadi tanaman obat, daun sirih juga mampu mempercantik tampilan rumah karena batangnya yang tumbuh merambat. Daun sirih bewarna merah yang tergolong sebagai tanaman hias, tanaman ini  berasal dari Peru dan termasuk dalam famili Piperaceae. Keberadaan sirih merah awalnya sebagai tanaman hias daun, namun sirih merah dikembangkan sebagai obat herbal. Tanaman sirih merah (Piper crocatum) merupakan salah satu tanaman obat yang memiliki potensial berhasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

Bagian daun merupakan bagian dari sirih merah yang sering diekstrak untuk mendapatkan kandungan senyawa metabolit. Sirih merah memiliki kandungan senyawa  minyak atsiri, alkaloid, flavonoid, tanin, polifenol dan savonin yang bermanfaat sebagai antioksidan dan antihiperglikemik. Nano partikel sirih merah memiliki potensi sebagai pangan fungsional antihiperglikemik yang ditunjukan dengan kemampuan menghambat enzim ? glukosidase.

Ada beberapa manfaat daun sirih sebagai obat antara lain:

1.      1. Mengatasi Keputihan

Sifat anti bakteri dalam daun sirih, yang disebabkan kandungan minyak atsiri, memungkinkan daun sirih berkhasiat untuk mengatasi masalah keputihan bagi wanita. Anda cukup mengambil 10 helai daun sirih yang sudah dibersihkan dan rebus bersama dua liter air selama 5 menit. Cuci daerah kewanitaan dengan air rebusan daun sirih secara rutin.

 2.  Menghentikan Pendarahan

Ini karena daun sirih mengandung sejumlah bahan kimia seperti minyak esensial, tannin, fenil propane, chavicol dan masih banyak lagi. Bahan-bahan kimia ini memungkinkan daun sirih menghentikan pendarahan saat terjadi mimisan, pendarahan atau luka.

 3.      Menjaga Kesehatan Gigi

Menguatkan gigi serta mencegah terjadinya gigi berlubang adalah manfaat daun sirih lainnya yang mungkin belum banyak diketahui. Kandungan zat dalam daun sirih ternyata penting untuk menjaga kesehatan gigi sekaligus menghilangkan bau mulut. Ini karena kandungan fenol yang bersifat antiseptik dalam daun sirih lima kali lebih efektif dibandingkan fenol biasa. Tidak heran jika beberapa produsen pasta gigi memasukkan daun sirih sebagai bahan dalam produknya

 4.      Menghilangkan Jerawat

Manfaat daun sirih yang satu ini tentu disambut gembira oleh kaum wanita. Sifat antiseptik dan antibakeri dalam daun sirih dapat digunakan untuk mengatasi jerawat yang mengganggu. Caranya pun cukup mudah, yaitu dengan mengusap wajah menggunakan air rebusan daun sirih. Perawatan ini bisa dilakukan dua kali sehari, terutama jika Anda baru kembali dari aktivitas luar ruangan.

 5.      Mengurangi Bau Badan

Aroma harum daun sirih diketahui mampu meminimalisir bau tubuh yang kurang sedap. Bukan hanya itu, sifat antibakteri yang dimiliki daun sirih akan membantu membunuh kuman serta bakteri penyebab bau badan. Cara mengatasi bau badan dengan daun sirih bisa dengan meminum air rebusannya secara rutin atau menempelkan daun sirih yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan kapur ke bagian tubuh yang memiliki aroma kurang sedap.

 6.      Mengatasi Alergi Pada Kulit

Anda bisa mencoba mandi dengan menggunakan air rebusan daun sirih. Daun Sirih mengandung senyawa antibakteri, anti protozoa dan anti jamur yang dapat mengurangi rasa gatal yang disebabkan karena alergi.

 7.      Mencegah Infeksi Bakteri

Mencegah infeksi bakteri juga merupakan manfaat daun sirih merah lainnya. Penelitian menyebutkan bahwa fenol dan flavonoid dalam daun sirih merah memiliki sifat antibakteri, sehingga mampu menghambat perkembangan bakteri Staphylococcus, yang dapat menyebabkan infeksi methicillin-resistant Staphylococcus aereus (MRSA).

 8.      Melawan Radikal Bebas

Kandungan flavonoid, tanin, polifenol, dan alkaloid dalam daun sirih merah memiliki sifat antioksidan yang sangat baik. Sifat antioksidan ini bermanfaat untuk melawan radikal bebas berlebih yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh. Dengan begitu, Anda juga akan terhindar dari risiko mengalami berbagai penyakit kronis akibat radikal bebas berlebih, seperti aterosklerosis, penyakit jantung iskemik, penyakit Alzheimer, dan kanker.

 9.      Mengobati Diabetes

Daun sirih merah juga sudah lama digunakan sebagai salah satu obat tradisional untuk mengatasi penyakit diabetes. Penelitian menyebutkan bahwa daun sirih merah mampu menurunkan kadar gula berlebih dalam darah sebesar 10–38%. Manfaat daun sirih merah yang satu ini diduga didapat dari kandungan alkaloid, flavonoid, dan tanin yang ada di dalamnya.

 10.      Mencegah Pembentukan Plak Gigi

Daun sirih merah juga bermanfaat untuk mencegah pembentukan dan mengurangi penumpukan plak gigi. Manfaat daun sirih merah ini didapatkan dari minyak atsiri yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab plak gigi, seperti Streptococcus mutans, Lactobacillus caesal, dan Actinomices viscosus.

 

Sumber Gambar ; https://www.google.com/search?client=firefoxbd&q=gambar+Daun+sirih#imgrc=Mvqe6USFv2VW8M