(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

MENGOLAH LIMBAH KAIN PERCA MENJADI PRODUK YANG MEMILIKI NILAI JUAL TINGGI

Admin dlh | 27 Januari 2023 | 563 kali

MENGOLAH LIMBAH KAIN PERCA MENJADI PRODUK YANG MEMILIKI NILAI JUAL TINGGI

 

Oleh:

 

Komang Agus Triyasa, A.Md

 

Sampah dan limbah anorganik seperti plastik dan kain merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang tidak bisa hilangkan adanya. Hal ini dikarenakan bahan-bahan tersebut sulit untuk diurai oleh mikroba dan membutuhkan waktu yang sangat lama. Pengolahan untuk limbah anorganik pada umumnya adalah dengan cara pembakaran, namun hal ini membahayakan bagi lingkungan karena akan menimbulkan asap serta gas yang beracun Oleh karena itu, pemerintah Indonesia gencar untuk mengkampanyekan gerakan 3R yaitu Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), dan Recycle (mendaur ulang) guna mengurangi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah. Kain perca merupakan salah satu contoh limbah anorganik yang sulit untuk diurai oleh lingkungan, padahal intensitasnya cukup tinggi. Limbah jenis kain perca ini cukup banyak ditemukan karena banyaknya industri konveksi yang mulai menjamur akhir-akhir ini baik dalam skala kecil maupun skala besar. Salah satu alternatif solusi untuk mengurangi limbah kain perca tersebut sekaligus cara untuk mendukung program 3R dari pemerintah adalah dengan memanfaatkan limbah kain perca menjadi suatu kerajinan tangan yang berguna dan mempunyai daya jual yang bagus. Pengolahan limbah kain perca menjadi kerajinan tangan ini memiliki beberapa manfaat, antara lain adalah:

1.      1. dapat menjadi bisnis sampingan yang menambah penghasilan,

2.      2. dapat mengurangi tumpukan sampah yang ada di sekitar lingkungan,

3.      3. dapat mengasah kreatifitas, dan

4.      4. dapat mengurangi pencemaran lingkungan akibat pembakaran limbah anorganik terutama kain perca.

Dari limbah kain perca yang awalnya dibuang dan tidak digunakan lagi bisa dimanfaatkan kembali menjadi barang yang bermanfaat dan bernilai jual oleh orang-orang yang kreatif. Kerajinan kain perca seperti ini bisa dijadikan peluang usaha. Karena proses pembuatannya yang mudah,alat dan bahan yang dibutuhkan juga mudah didapat. Pemasaran produk juga cukup mudah bisa dijual melalui media sosial atau membuka toko sendiri. Motif dan warna yang berbeda dari kain perca menjadi daya tarik tersendiri untuk kerajinannya. Pemanfaatan kain perca juga dapat mengurangi limbah sampah di lingkungan.

 

Sumber gambar; https://www.google.com/searchq=limbah+kain+perca&source=lmns&bih=643&biw=1366&client=firefoxbd&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwiA2Ke2jeT8AhVEErcAHXb7DcgQ_AU