(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

MANFAAT PUNTUNG ROKOK UNTUK MEMBASMI HAMA PADA TANAMAN

Admin dlh | 29 September 2022 | 250 kali

MANFAAT PUNTUNG ROKOK UNTUK

MEMBASMI HAMA PADA TANAMAN

 

Oleh:

 

Putu Anggana Arya

 

                       

Kutu putih adalah salah satu hama yang mematikan dari hama yang lain, karena kutu putih menyerang tanaman dengan cara bergerombolan, yang mana menyerang di bagian daun dan batang. Gejala yang ditimbulkan adalah membuat daun tanaman mengkerut, rontok, layu, hingga kering, dan bisa membuat tanaman mati perlahan. Hal tersebut yang ditakuti para petani buah, atau pencinta tanaman. Jika tanaman tidak ingin di serang hama kutu putih, maka lakukan pencegahan dan langkah yang tepat agar kutu putih tidak menyerang kembali. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan dalam membasmi hama kutu putih, salah satunya dengan memanfaatkan punting rokok yang menjadi salah satu limbah yang ada dimana-mana, apalagi untuk seseorang perokok, yang pastinya memiliki limbah punting rokok yang cukup banyak, baik itu di Rumah maupun di Tempat Bekerja.

Limbah punting rokok bisa dijadikan pestisida untuk pencegahan hama kutu putih, karena limbah rokok masih memiliki kandungan nikotin pada sisa-sisa tembakau yang belum habis di hisap oleh kalangan perokok. Limbah punting rokok yang masih terdapat tembakaunya, segera kumpulkan, hal tersebut dapat menghemat biaya daripada membeli rokok yang utuh, halini salah satu pengurangan sampah yang menjadi permasalahan lingkungan.

 

Cara pembuatan pestisida punting rokok untuk pencegahan kutu putih pada tanaman:

1.      Sediakan limbah punting rokok sekitar 30-40 puntung, botol minuman plastik, 1,5 liter air, dan sabun pencuci piring.

2.   Setelah bahan-bahan telah disiapkan, masukan limbah punting rokok tersebut kedalam botol plastik, kemudian isi air sampai botol hampir penuh.

3.   Kemudian tambahkan sabun cair (sabun cuci piring) dengan takaran 2-3 tetes, manfaat dari sabun cair adalah sebagai perekat pestisida, karena saat pestisida di semprotkan agar bertahan lebih lama.

4.     Setelah menambahkan sabun cair (sabun cuci piring), kocok hingga tercampur.

5.  Setelah di kocok, diamkan larutan punting rokok tersebut selama 10-12 hari untuk proses fermentasi, dan letakan di tempat yang tidak terkena sinar matahari.

 

Proses Penyemprotan

Dalam pengaplikasian pestisida punting rokok ini ke tanaman, disarankan melakukan penyemprotan pada siang hari atau di sore hari, disaat hama mulai aktif menyerang. Lakukan penyemprotan 5 hari sekali, dan jika musim hujan, lakukan 3 kali sehari. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang bagus dan tanaman dapat terhindar dari hama.

 

Referensi:

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/11/091130176/cegah-hama-kutu-putih-menyerang-tanaman-dengan-puntung-rokok?page=all [diakses tanggal 28 September 2022)

https://www.kompas.com/homey/read/2021/01/11/091130176/cegah-hama-kutu-putih-menyerang-tanaman-dengan-puntung-rokok?page=all [diakses tanggal 28 September 2022)

https://www.popularitas.com/berita/puntung-rokok-miliki-manfaat-untuk-tanaman-benarkah/ [diakses tanggal 28 September 2022)