(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

BANK SAMPAH KALIBER RAIH PENGHARGAAN ANUGERAH CITTAKRIYA BALI KERTHI NUGRAHA TINGKAT PROVINSI BALI TAHUN 2022

Admin dlh | 12 Oktober 2022 | 360 kali

BANK SAMPAH KALIBER RAIH PENGHARGAAN

ANUGERAH CITTAKRIYA BALI KERTHI NUGRAHA

TINGKAT PROVINSI BALI TAHUN 2022

 

Oleh:

 

Ketut Budiasa, SP

 

 

Bank Sampah Kalibukbuk Bersih (KALIBER) merupakan bank sampah binaan Dinas Lingkungan Hidup Kab. Buleleng dengan No. SK 162/DLH/2017. Bank Sampah KALIBER adalah suatu sistem pengelolaan sampah kering secara kolektif yang mendorong masyarakat untuk berperan serta aktif didalamnya, melalui motto Bank Sampah KALIBER yaitu “Mekedas, Mepilah, Mebayah”, yang artinya selalu melakukan pembersihan terhadap lingkungan sekitar, memilah sampah, dan akhirnya sampah memberikan keuntungan berupa uang jika dikelola dengan baik..

Bank Sampah KALIBER pada tahun 2021 meraih penghargaan Juara I Lomba Inovasi Tingkat Kabupaten Buleleng dengan inovasi Bimbingan Belajar Tukar Sampah, Les Tari Bali Tukar Sampah, dan Megambel Tukar Sampah. Hal ini membuka jalan bagi Bank Sampah KALIBER untuk mengepakan sayapnya di tingkat Provinsi, sehingga pada tahun 2022 Bank Sampah KALIBER menjadi salah satu dari 2 inovator yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk berkompetisi pada Lomba Inovasi Tingkat Provinsi yang diadakan oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Bali dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Bali Tahun 2022. Pada ajang ini Bank Sampah KALIBER berhasil masuk lima besar tepatnya menduduki posisi ke-2 dalam Penghargaan Anugerah Cittakriya Bali Kerthi Nugraha.

Bank Sampah KALIBER merupakan perwakilan inovasi dari Kabupaten Buleleng pada Inovasi Teknologi Bidang Pariwisata, dimana inovasi ini bergerak di persampahan dengan memanfaatkan sampah menjadi bernilai, seperti sampah plastik ditukar menjadi uang dalam bentuk tabungan bank sampah, les pendidikan anak (bimbingan belajar), menari, megambel dibayar dengan sampah plastik, pengolahan sampah plastik menjadi barang yang bernilai tinggi, serta pemanfaatan sampah organik menjadi produk pupuk cair dan padat. Berdasar dari kegiatan yang telah dilaksanakan menjadi daya tarik wisatawan untuk ikut serta dalam kegiatan positif tersebut sehingga menjadi obyek wisata baru di Desa Kalibubuk, Kecamatan Buleleng dalam pengelolaan sampah, dimana wisatawan negara asing (WNA) juga diajarkan cara memanfaatkan sampah plastik menjadi souvenir bahkan barang-barang yang berguna. WNA juga diberikan kesempatan untuk mengajarkan bahasa inggris yang menjadi bahasa internasional kepada anak-anak dengan tujuan untuk memudahkan berkomunikasi dengan wisatawan.