(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

SOSIALISASI DAN PELATIHAN ECO ENZYME DI KECAMATAN SUKASADA

Admin dlh | 08 Maret 2021 | 874 kali

Giat DLH

Sobat Lingkungan.......
Jumat, 5 Maret 2021. Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup  (Putu Indrawan) bersama Penyuluh Lingkungan (Ketut Witama dan Erna Wintari) memberikan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme di Kantor Camat Sukasada. Sosialisasi dan pelatihan pembuatan Eco Enzyme dibuka Sekcam Sukasada (Komang Budi Arsana) dan diikuti Staf Pemerintah Kecamatan Sukasada.

Kepala Seksi Putu Indrawan menyampaikan secara umum tentang mamfaat eco enzyme dan mengajak peserta untuk turut berperan aktif dalam pengelolaan sampah dari sumbernya, baik pengurangan sampah dengan pola 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) dan penanganan sampah sesuai jenisnya. Penyuluh lingkungan memberikan edukasi manfaat Eco Enzyme dan cara pembuatan eco enzyme dilanjutkan praktek langsung pembuatan eco enzyme.

Pada kesempatan ini, Eco Enzyme yang dibuat hari ini sebanyak 40 Kg Air, 12 Kg buah/sayuran dan 4 Kg Molase. Pembuatan Eco Enzyme dari tanggal 5 Maret 2021 yang akan panen pada tanggal 6 Juni 2021. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng menyerahkan eco enzyme sebanyak 5 liter kepada Kecamatan Sukasada untuk mengaplikasikan ke tanaman halaman kantor dan sebagai sampel dalam pelaksanaan aplikasi Eco Enzyme itu sendiri.

Melalui sosialisasi ini diharapkan peserta bisa memahami, mengetahui manfaat serta menyebarluaskan informasi dan mengaplikasikan pembuatan eco enzyme kepada seluruh masyarakat sehingga sampah yang timbul di masing-masing rumah tangga sudah tertangani langsung tanpa ada terbuang melalui TPS atau transdepo dan berakhir di TPA. Salam Kedas semeton Buleleng.