(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

PENYULUH LINGKUNGAN SOSIALISASIKAN PEMBUATAN KOMPOS DAN PUPUK CAIR DI SMP N 1 SINGARAJA

Admin dlh | 12 Januari 2024 | 573 kali

Jumat, 12 Januari 2024, Penyuluh Lingkungan Hidup menghadiri undangan menjadi narasumber kegiatan sosialisasi/penyuluhan tentang Pengelolaan Sampah Menjadi Kompos dan Pupuk Cair dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Gaya Hidup berkelanjutan "Sampah Berfaedah" (pengelolaan Sampah Berteknologi Sederhana) di SMP Negeri 1 Singaraja. 

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh siswa kelas VII A1 sampai VII A11 yang dibuka oleh sambutan Bapak Kepala Sekolah. Selain materi kompos padat dan cair, Kegiatan sosialisasi ini juga diisi oleh materi Eco Enzyme, Eco Brick, Lukisan Wajah dan materi VCO (Virgin Coconut Oil).

Penyuluh Lingkungan sebelumnya menjelaskan materi terkait sampah secara umum mulai dari sumber sampah, jenis sampah, dan kondisi eksisting pengelolaan sampah di Kabupaten Buleleng, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan materi terkait cara pembuatan kompos mulai dari jenis sampah organik yang dapat digunakan, alat yang dapat digunakan, bahan campuran yang diperlukan, berapa lama waktu proses fermentasi kompos dan cara pemanenan kompos serta tidak lupa dijelaskan bagaimana cara pengaplikasian kompos pada tanaman. 

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan praktik pembuatan kompos, dimana siswa dibagi menjadi kelompok kecil dan membuat kompos dengan alat dan bahan yang sudah mereka siapkan, nantinya dari hasil kompos yang diproduksi akan dinilai oleh guru dan diaplikasikan pada tanaman di sekolah. Kedepan pihak sekolah meminta agar nantinya terus dilakukan pendampingan kegiatan di sekolah.