(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

MONITORING LINGKUNGAN HIDUP PT SEMEN TONASA CELUKAN BAWANG

Admin dlh | 22 Januari 2024 | 169 kali

Senin, 22 Januari 2024, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Buleleng, melaksanakan Monitoring Pelaksanaan Dan Pemantauan Lingkungan Hidup terhadap usaha dan/atau kegiatan PT. Semen Tonasa (Pengantongan Semen), Pelabuhan Celukan Bawang, Desa Celukan Bawang, Kecamatan  Gerokgak, Kabupaten Buleleng.

Kegiatan monitoring diterima oleh Manager PT. Semen Tonasa Unit Pengantongan Celukan Bawang beserta staf. Tujuan kegiatan yaitu Monitoring Pelaksanaan Dan Pemantauan Lingkungan Hidup terhadap usaha dan/atau kegiatan pengantongan Semen. Kegiatan yang dikelola adalah pengantongan semen dengan kapasitas produksi untuk semen zak sebesar 600.000 ton/tahun dan semen curah sebesar 600.000 ton/tahun. Lahan yang digunakan seluas 17.450 M2 dan luasan terbangun sebesar 250 M2. Untuk pengolahan limbah cair yang merupakan hanya limbah domestik menggunakan IPAL limbah domestik dan telah di cek setiap bulan oleh laboratorium terakreditasi dan hasil uji dilaporkan tiap 6 bulan. Untuk pengelolaan udara telah dilakukan pengecekan emisi di dust packer setiap 6 bulan. Sedangkan LB3 telah dicatat dan neraca tiap bulannya dilaporkan per 3 bulan. Pelaporan limbah cair, emisi dan limbah B3 dilakukan secara online melalui aplikasi Simpel dan Siraja Limbah.

5. Terhadap hasil monitoring diberikan saran-saran dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Buleleng antara lain:

a. Tetap menyampaikan ke DLH Kab. Buleleng, laporan Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL) secara rutin setiap 6 (enam) bulan sekali sejak Persetujuan Lingkungan diterbitkan serta laporan pemenuhan Baku Mutu Air limbah, baku Mutu Udara, Baku Mutu Emisi dan Baku Mutu LB3 sesuai ketentuan;

b. Konsisten dalam memprogramkan Tanggung Jawab Lingkungan dan Sosial sebagai imbal balik perusahaan terhadap lingkungan hidup dan masyarakat.