(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

PERINGATI HARI BUMI SEDUNIA, DLH IKUT MENANAM POHON DI DESA GESING

Admin dlh | 22 April 2024 | 159 kali

Senin, 22 April, 2024, Peringatan Hari Bumi Sedunia dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 22 April dan pertama kali dimulai pada tahun 1970. Pada tahun 2024, Hari Bumi Sedunia mengangkat tema Planet vs Plastik. Tepat pada Hari Bumi Sedunia (22/04/2024), Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng berpartisipasi dalam penanaman pohon yang berlokasi di Desa Gesing, Kecamatan Banjar. Hadir dalam kegiatan Camat Banjar, Perwakilan Danramil Banjar, Perwakilan Kapolsek Banjar, Manajer PT. Indomarco Prismatama, Direktur RSU. Parama Sidhi, Perbekel Desa Gesing, serta masyarakat setempat. Hadir mewakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, Kabid Tata Lingkungan, Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup beserta staf. 

Aksi penanaman pohon diharapkan dapat berkontribusi meningkatkan tutupan lahan (IKTL) dalam perhitungan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH). Indeks Kualitas Tutupan Lahan merupakan salah satu indikator yang menggambarkan kualitas tutupan lahan yang dihitung dari kondisi tutupan hutan dan tutupan vegetasi non hutan. Bersama dengan PT. Indomarco Prismatama dan RSU. Parama Sidhi menyalurkan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada Desa Gesing sebanyak 1.430 pohon dengan rincian melalui CSR 150 bibit pohon jambu biji, 185 bibit pohon sawo kecik, 175 bibit pohon sirsak, sedangkan melalui pengadaan bibit APBD yaitu 300 pohon nangka, 320 pohon durian, dan 300 pohon manggis. Penanaman pohon menjadi salah satu opsi terbaik dalam menekan dampak krisis iklim dan menjadi solusi efektif karena menyerap emisi karbon dalam durasi relatif singkat dan berdampak signifikan bagi lingkungan dan ekonomi masyarakat sekitar. 

Adapun pertimbangan pemilihan lokasi di Desa Gesing salah satunya untuk mempercepat pengentasan kemiskinan ekstrim dimana tercatat ada 16 KK yang masuk kategori kemiskinan ekstrim sehingga dengan bantuan bibit pohon produktif dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Sebelum kegiatan penanaman pohon, dilakukan penyerahan bibit secara simbolis dari perusahaan kepada Perbekel Desa Gesing serta penyerahan piagam penghargaan CSR dari Pemkab Buleleng melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng kepada PT. Indomarco Prismatama dan RSU. Parama Sidhi.

Kolaborasi antara Pemerintah dan Pelaku Usaha terhadap pelestarian lingkungan khususnya penanaman pohon terus dilaksanakan serta berkontribusi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) poin (13) yaitu pengambilan aksi dalam penanganan perubahan iklim, serta poin (15) melindungi, memulihkan, dan mendukung ekosistem daratan.