(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

LOLOS 10 BESAR INOVASI DAERAH 2024, TIM PENILAI KUNJUNGI SINGARAJA SMART AGROCITY DLH

Admin dlh | 23 Juli 2024 | 257 kali

Selasa, 23 Juli 2024, Plt. Kadis Lingkungan Hidup, Gede Melandrat, beserta tim pendamping DLH menerima kunjungan tim penilai inovasi daerah Tahun 2024 di Singaraja Smart Agrocity (SSA). Tujuan kunjungan ini dalam rangka peninjauan lapangan sekaligus penilaian Lomba Kreasi Inovasi Daerah Tahun 2024, dimana inovasi DLH Singaraja Smart Agrocity menjadi salah satu nominasi dari 10 besar inovasi dalam kategori Perangkat Daerah. Inovasi SSA merupakan tempat edukasi sebagai implementasi pengelolaan sampah organik menjadi pupuk yang kemudian diaplikasikan pada tanaman pertanian seperti beragam sayur-mayur (kangkung, pokcoy, sawi hijau, selada, timun, tomat, dan lainnya).

Tim penilai berasal dari Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng, serta unsur akademisi dari Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Panji Sakti, dan STAHN Mpu Kuturan Singaraja yang akan menentukan terpilihnya 3 besar pemenang lomba. 

Saran dan masukan yang diberikan oleh tim penilai terhadap inovasi SSA antara lain: (1). Menjamin agar inovasi SSA memiliki keberlanjutan yang dapat memberikan dampak manfaat kepada masyarakat, (2). Meningkatkan publikasi dan promosi melalui sosial media, khususnya TikTok agar bisa lebih mengedukasi generasi muda, dan (3). Menambah koleksi tanaman yang dibudidayakan di SSA seperti tanaman obat-obatan dan tanaman upakara.