(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

PELEPASAN TUKIK, TRANSPLANTASI KARANG, UNDERWATER CLEAN UP DI PANTAI PENIMBANGAN

Admin dlh | 23 Juli 2022 | 58 kali

Sabtu, 23 Juli 2022 Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Buleleng, Kabid PPKLH, Fungsional PEDAL Substansi Pencemaran Lingkungan dan staf menghadiri undangan kegiatan Pelepasan Tukik, Transplantasi Karang, UnderWater Clean Up dalam rangka pelaksanaan program kerja rutin dan bentuk kepedulian terhadap kelestarian ekosistem Perairan POKMASWAS Penimbangan Lestari yg di selenggarakan oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Penimbangan Lestari Desa Baktiseraga di Kawasan Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga.

Acara ini dibuka oleh Kepala Desa Baktiseraga dan dihadiri oleh Koramil Buleleng, Basarnas Buleleng, Polsek Kota, Danpos AL Sangsit, BPSPL Denpasar, PSDKP Pangkalan Benoa, Batalyon Raider 900 SBW,  Polisi Air Kab. Buleleng, Penyuluh KP, Universitas Udayana, Undiksha Singaraja, Dinas Pariwisata Kab. Buleleng, dinas Lingkungan Hidup kab. Buleleng, Pemerintah Desa Baktiseraga, DKPP Kab. Buleleng, PT Telkom, PT Indonesia Power, Balawisata Buleleng, Save Penyu Penimbangan, Permai Dive Center serta tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Buleleng berkesempatan memberikan sambutan pada acara tersebut. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi pada acara ini karena merupakan wujud perayaan Tumpek Klurut atau Perayaan Cinta Kasih di Bali. Cinta Kasih terhadap lingkungan dengan melaksanakan Pelepasan tukik, Transplantasi terumbu karang dan Underwater clean up. 

Serta sangat mendukung kegiatan tersebut yang bertujuan untuk melestarikan dan menyelamatkan populasi penyu dari kepunahan, memelihara biota laut dan ekosistem lainnya, melestarikan terumbu karang yg ada di lautan sekitar pantai penimbangan.

Dalam acara tersebut dilaksanakan pelepasan tukik jenis lekang sebanyak 200 ekor ke laut, Transplantasi Karang dan Underwater Clean Up.