(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

AKSI PENGENDALIAN PENCEMARAN DAN KERUSAKAN SUNGAI BULELENG

Admin dlh | 07 Februari 2024 | 712 kali

Rabu, 7 Februari 2024, Bidang PPKLH bersama UPTD Lab. LH dalam pelaksanaan pemantauan kondisi Sungai Buleleng, Pemberian Informasi Terkait Pengendalian Pencemaran dan Pelaksanaan Kegiatan Koordinasi Rehabilitasi dan Remediasi Lingkungan serta Pengambilan sampel air untuk uji lapangan sebelum dilaksanakan kegiatan pengambilan sampel air pada sungai tersebut.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sungai Buleleng bagian hulu (air terjun yeh panas Desa Gitgit), bagian tengah 1 (jembatan Bangkiang Sidem), tengah 2 (Jembatan Desa Sari Mekar) dan bagian hilir (Sebelah Selatan Jembatan Pelabuhan Exs. Pelabuhan Buleleng wilayah Kampung Kajanan).

Kegiatan diawali dengan koordinasi terkait rehabilitasi dan remediasi lingkungan  dengan Pemerintah Desa Gitgit yg mewilayahi Sungai Buleleng Hulu. Koordinasi dilaksanakan untuk mengajak pihak desa untuk turut serta menjaga kebersihan sungai. Selain itu dilaksanakan pula kegiatan pemberian informasi terkait pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan pemberian brosur. Bapak Kepala Desa Gitgit menyampaikan bahwa desanya melalui Bumdes telah rutin melaksanakan kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan meliputi penanaman pohon dan juga pembersihan sungai disepanjang bantaran sungai Buleleng.  

Selanjutnya dilakukan kegiatan pengambilan dan pengujian sampel air Sungai Buleleng oleh UPTD Lab. LH bertujuan untuk pengetahui kualitas air, sehingga bisa dilaksanakan langkah langkah untuk pencegahan pencemaran air dan menjaga baku mutu kualitas air. Pengambilan sampel dimulai dari Sungai Buleleng Bagian Hulu (Air Terjun Yeh Panas) kemudian dilanjutkan ke bagian tengah 1 (Jembatan Bangkiang Sidem), tengah 2 (Jembatan Desa Sari Mekar) dan Hilir (Kampung Kajanan). Parameter yang diuji dilapangan pH, suhu, TDS, dan sampel akan diuji di laboratorium yaitu parameter COD.

Secara umum kondisi pada Sungai Buleleng baik pada bagian hulu sampai ke hilir, terpantau bersih dari sampah. Selain pengambilan sampel juga  dilaksanakan pula kegiatan pemberian informasi pada masyarakat yg tinggal disekitar bantaran sungai Kampung Kajanan dgn tujuan antara lain : 

- untuk ikut menjaga kebersihan dan kelestarian sungai khususnya pada sungai Buleleng bagian hilir.

- melarang penggunaan bahan2 berbahaya seperti potasium dalam mencari ikan di sungai

- tidak melaksanakan kegiatan MCK di sungai

- ikut serta dalam melaksanakan aksi2 pelestarian lingkungan seperti gotong royong bersih sungai, penanaman pohon di sepanjang bantaran sungai.