(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

KOORDINASI DAN SINKRONISASI PROGRAM LANGIT BIRU KEPADA POKMASWAS BANYUMILIR

Admin dlh | 21 Februari 2024 | 210 kali

lasa, 21 Februari 2024, Kepala Bidang PPKLH beserta staf melakukan Koordinasi dan Sinkronisasi Program Langit Biru kepada Kelompok Mayarakat Pengawas (Pokmaswas) Banyumilir di Desa Kalibukbuk Kecamatan Buleleng. Kedatangan kami diterima langsung oleh Sekretaris (Eka Udayana) dan Bendahara (Putu Heri Tindra Marjaya) Pokmaswas Banyumilir. Kelompok Mayarakat Pengawas (Pokmaswas) Banyumilir merupakan kelompok peduli lingkungan yang fokus pada pelestarian kawasan bahari di Desa Kalibukbuk. Pokmaswas ini terbentuk dari tahun 2020 dan memiliki beberapa program prioritas, yaitu Eksplorasi, Rehabilitasi, dan Perlindungan kawasan laut di sepanjang garis pantai Desa Kalibukbuk. Selain itu aktif melakukan kerjasama dengan berbagai pihak termasuk dalam hal penelitian, pelatihan, dan edukasi. Hal ini menjadi prioritas untuk mewujudkan Desa Kalibukbuk sebagai Center of Marine Recreation dan Tourism. 

Pada kesempatan ini kami melakukan koordinasi dan sinkronisasi Program Langit Biru. Kami mengumpulkan data informasi terkait kegiatan yang dilakukan oleh Pokmaswas Banyumilir sekaligus mensinkronkan kegiatan Dinas Lingkungan Hidup yang bisa disinergikan / dikolaborasikan guna mendukung secara tidak langsung Program Langit Biru khususnya terkait dengan peningkatan kualitas udara di Kabupaten Buleleng. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng siap bersinergi dengan Pokmaswas Banyumilir dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup, misalnya berpartisipasi dalam kegiatan Underwater / Beach Clean Up.

Kolaborasi mewujudkan kondisi pantai dan laut di Kabupaten Buleleng yang bersih dan lestari senantiasa selalu dibutuhkan. Kelestarian ekosistem laut yang sudah dilakukan oleh Pokmaswas Banyumilir sangat penting untuk kehidupan manusia, khususnya di Kabupaten Buleleng, apalagi terumbu karang, padang lamun, dan interaksi kehidupan organisme pesisir dan laut lainnya sangat berperan penting dalam siklus karbon (Blue Carbon) dalam penyerapan karbon di atmosfer sehingga berkontribusi terhadap penurunan krisis iklim dan pemanasan global. Hal ini secara tidak langsung akan berkontribusi pada peningkatan kualitas lingkungan hidup, utamanya pada kualitas udara. DLHangat mengapresiasi semangat dan capaian prestasi yang sudah diraih oleh Pokmaswas Banyumilir. Ini sebagai bentuk perhatian dan motivasi pemerintah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup agar Pokmaswas Banyumilir tetap eksis melaksanakan misi pelestarian lingkungan yang sangat berkontribusi terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Buleleng.