(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

AKSI PENGENDALIAN PENCEMARAN DAN KERUSAKAN SUNGAI BANYUMALA

Admin dlh | 06 Februari 2024 | 743 kali

Selasa, 6 Februari 2024, Bidang PPKLH bersama Uptd Lab LH dalam pelaksanaan pemantauan kondisi Sungai Banyumala, Pemberian Informasi Terkait Pengendalian Pencemaran dan Pelaksanaan Kegiatan Koordinasi Rehabilitasi dan Remediasi Lingkungan serta Pengambilan sampel air untuk uji lapangan sebelum dilaksanakan kegiatan pengambilan sampel air pada sungai tersebut.

1. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sungai Banyumala bagian hulu (air terjun kroya), bagian tengah 1 (jembatan Sangket), tengah 2 (DAM di Gang Lely) dan bagian hilir (Sebelah Selatan Jembatan Banyuasri).

2. Kegiatan diawali dengan koordinasi dengan Pemerintah Desa Sambangan yg mewilayahi Sungai Banyumala Hulu. Koordinasi dilaksanakan untuk mengajak pihak desa untuk turut serta menjaga kebersihan sungai. Selain itu dilaksanakan pula kegiatan pemberian informasi terkait pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan dengan pemberian brosur. 

3. Selanjutnya dilakukan kegiatan pengambilan dan pengujian sampel air Sungai Banyumala oleh UPTD Lab LH bertujuan untuk pengetahui kualitas air, sehingga bisa dilaksanakan langkah langkah untuk pencegahan pencemaran air dan menjaga baku mutu kualitas air. Pengambilan sampel dimulai dari Sungai Banyumala Bagian Hulu (Air Terjun Kroya) kemudian dilanjutkan ke bagian tengah 1 (Jembatan Sangket), tengah 2 (Gang Lely Sambangan) dan Hilir (Banyuasri). Parameter yang diuji dilapangan pH, suhu, TDS, dan sampel akan diuji di laboratorium yaitu parameter COD.

4. Secara umum kondisi pada Sungai Banyumala baik pada bagian hulu sampai ke hilir, terpantau bersih dari sampah. Selain pengambilan sampel juga  dilaksanakan pula kegiatan pemberian informasi pada ketua Pokdarwis Desa Sambangan dgn tujuan antara lain: 

- untuk ikut menjaga kebersihan dan kelestarian sungai khususnya di air terjun kroya. 

- melarang penggunaan bahan2 berbahaya seperti potasium dalam mencari ikan di sungai

-  mensosialisasikan dan mengajak anggota pokdarwis lainnya untuk turut serta menjaga lingkungan

- ikut serta dalam melaksanakan aksi2 pelestarian lingkungan seperti gotong royong bersih sungai, penanaman pohon di sepanjang bantaran sungai.

5. Kegiatan koordinasi rehabilitasi dan remediasi lingkungan serta pemberian informasi terkait pengendalian pencemaran dilakukan juga pada masyarakat sekitar yang ditemui di lapangan/yang melakukan kegiatan di sepanjang pinggir Sungai Banyumala.