(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

ACARA TATAP MUKA SAMBUT HARI VETERAN DAN HUT PROKLAMASI KEMERDEKAAN RI KE-77

Admin dlh | 11 Agustus 2022 | 198 kali

Kabid PSLB3 mengikuti kegiatan tatap muka dengan Veteran dan keluarga veteran yang berlangsung di Loby Kantor Bupati Buleleng dalam rangka Hari Veteran dan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke - 77. Undangan dari lintas sektoral dan OPD berjumlah 41 orang, para veteran dari 9 kecamatan 25 orang, dan keluarga veteran 25 orang.

Dalam sambutannya dari ketua LVRI Cabang Buleleng menyampaikan bahwa jumlah pejuang yang gugur sebagai kusuma bangsa di kabupaten buleleng sebanyak 370 orang gugur bertempur di medan perang. Dalam pengelolaannya bahwa telah diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Sosial Kabupaten Buleleng untuk lebih lanjut pembuatan tugu monumen perjuangan dan Taman Makam Pahlawan Curastana.

Hal-hal penting sebagai permasalahan di sampaikan oleh ketua LVRI taman makam pahlawan tersebut antara lain disebutkan bahwa pencantuman asal nama desa di masing masing batu nisan para pahlawan perlu di terakan/tulis sehingga ahli waris yang berkunjung jelas melihat, kemudian nama label di nisan predikat gugur yang tahun 1945 - 1949 adalah gugur berjuang  dan jangan adanya pahlawan yang baru setelah revolusi meninggal tahun 1949 bergabung di tempat taman makam ini sebaiknya predikat  beliau dikategorikan wafat meninggal.  Kedudukan lebih pasti krn tahun 1945 - 1949 berjuang, disampaikan pula contoh yg benar ada di taman makam  pahlawan Margarana, desa Mengwi.


Daerah Buleleng merupakan sebagai pelopor awal pemicu pembangunan perjuangan di bali saat perebutan bendera  di pelabuhan Buleleng. 

Dalam sambutan oleh bapak Wakil Bupati Buleleng tersirat sejarah batu nisan dengan melihat para Pejuang Kemerdekaan yang ikut bertempur, di Margarna  tahun gugurnya agar diluruskan kebenarannya, istilah gugur tahun 1945 - 1949 dan setelah tahun 1949 adalah kategori wafat. Di samping itu sebagai wujud terakhir masa akhir jabatan bapak Bupati - Wakil Bupati juga menyampaikan ucapan kesan dan pesan kepada para Veteran. Di akhir kegiatan sebagai wujud penghormatan dari Pemerintah memberikan bantuan sembako kepada 25 orang veteran dan 25 orang ahli waris keluarga veteran