(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

PEMBERIAN INFORMASI PENGENDALIAN PENCEMARAN DI WILAYAH DANAU BUYAN DAN TAMBLINGAN

Admin dlh | 14 Mei 2024 | 372 kali

Selasa, 14 Mei 2024, dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup bersama staf melaksanakan Kegiatan Pemberian Informasi terkait Pengendalian Pencemaran di Wilayah Danau Buyan dan Danau Tamblingan.

1. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya sosialisasi dan edukasi dalam rangka menjaga kondisi air Danau Buyan dan Danau Tamblingan tetap bersih dan jauh dari unsur-unsur pencemar sehingga kualitas air kedua danau dapat ditingkatkan dan berfungsi sesuai dengan peruntukannya.

2. Pemberian informasi terkait pengendalian pencemaran di Wilayah Danau Buyan dilakukan di Kantor Kepala Desa Pancasari, sedangkan pemberian informasi terkait pengendalian pencemaran di Wilayah Danau Tamblingan dilakukan di Kantor Kepala Desa Munduk. Kedua kegiatan ini diterima langsung oleh masing-masing perbekel, yaitu Perbekel Desa Pancasari dan Perbekel Desa Munduk. Pada kesempatan ini disampaikan untuk tetap bersinergi dan berpartisipasi menjaga kebersihan kawasan Danau Buyan, Danau Tamblingan, dan sekitarnya melalui pemberian edukasi dan sosialisasi pengendalian pencemaran lingkungan hidup kepada masyarakat sekitar. Selain itu, disampaikan pula perlu dilakukan kegiatan pembinaan dan pengawasan kepada pelaku usaha dan / atau kegiatan yang ada di sekitar Danau Buyan dan Tamblingan untuk meminimalkan potensi pencemaran danau.

3. Kami juga menyampaikan bahwa DLH siap diundang sebagai narasumber untuk memberikan pemahaman tentang pengelolaan sampah yang dapat diakses melalui Google Sheet SiPenyu (Sistem Permohonan Penyuluhan). Selain itu perlu adanya komunikasi dan kolaborasi yang baik antara Pemerintah Pusat (BKSDA Bali), Pemerintah Daerah (Pemprov. Bali dan Pemkab. Buleleng), dan Pemerintah Desa (Desa Pancasari dan Desa Munduk) sehingga upaya-upaya pelestarian Danau Buyan dan Danau Tamblingan sebagai sumber air dapat dioptimalkan sehingga air dapat berfungsi sesuai dengan peruntukkannya dan mendukung dalam pencapaian Indeks Kualitas Air (IKA) di Kabupaten Buleleng yang lebih baik.