(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

UPTD LAB LH UJI AIR LIMBAH PADA USAHA DAN/ATAU KEGIATAN JASA AKOMODASI PARIWISATA

Admin dlh | 05 Februari 2024 | 301 kali

Senin, 5 Februari 2024, Kepala UPTD Lab LH beserta staf melaksanakan kegiatan pengambilan dan pengujian sampel air limbah pada usaha dan/atau kegiatan jasa akomodasi pariwisata yang telah melaksanakan pengelolaan limbah cair.

1. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk menghindari terjadinya pencemaran lingkungan akibat adanya aktivitas pariwisata di Kab.Buleleng.

2. UPTD Lab LH mengambil langkah-langkah pencegahan dengan melakukan pengambilan dan pengujian air limbah hotel untuk selanjutnya dibandingkan dengen baku mutu air limbah berdasarkan Peraturan Gubernur Bali No 16 Tahun 2016 tentang Baku Mutu Lingkungan Hidup dan Kriteria Baku Kerusakan Lingkungan Hidup pada Lampiran VII yaitu Baku Mutu Air Limbah Bagi Usaha dan/atau Kegiatan Perhotelan. 

3. Adapun usaha dan/atau kegiatan yang diuji air limbahnya yaitu:

- New Sunari Lovina Beach Resort

- The Lovina Bali Resort

- Aneka Lovina Villas & Spa

Parameter yang diuji dilapangan pH, suhu, TDS, dan sampel akan diuji di laboratorium yaitu parameter COD.

4. Pengukuran tingkat kebisingan uga dilaksanakan diareal hotel, diambil 1 titik lokasi pengukuran kebisingan, bertujuan untuk menanggulangi dampak kebisingan dari keberadaan usaha dan atau kegiatan. Rata-rata tingkat kebisingan dibandingkan dngn baku mutu tingkat kebisingan pada Pergub Bali No 16 Tahun 2016 Lampiran XXIV.

5. Adapun saran yang dapat kami sampaikan yaitu karena keterbatasan parameter pengujian yang dapat dilakukan oleh UPTD Lab LH, maka usaha dan/atau kegiatan hotel tetap berkewajiban melakukan pengujian air limbah setiap 6 bulan sekali, sesuai parameter yang telah diperuntukkan. Hasil pengujian UPTD Lab LH dapat digunakan sebagai hasil uji pembanding untuk memastikan keefektifan pengelolaan limbah yang telah dilaksanakan.

Sehingga usaha dan/atau kegiatan dapat lebih terpacu untuk melalukan pengelolaan limbah cair lebih baik lagi.