(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

PENYULUH LINGKUNGAN BERIKAN PELATIHAN PENGELOLAAN SAMPAH DI DESA LES

Admin dlh | 24 Juli 2024 | 248 kali

Rabu, 24 Juli 2024, Tim Penyuluh Lingkungan Hidup menghadiri undangan menjadi Narasumber dalam Kegiatan Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik dan Anorganik di Desa Wisata Les, Kecamatan Tejakula dalam rangka Anugerah Desa Wisata (ADWI) dari Kementerian Pariwisata. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh perwakilan masing-masing sekolah yang ada di desa, kepala dusun, kelian adat, perwakilan warga Dusun Lempedu, Pokdarwis, Pokmaswas, karang taruna dan Ibu-Ibu tim penggerak PKK. 

Kegiatan pelatihan dibuka oleh sambutan  Sekretaris Dinas Pariwisata yang sekaligus membuka acara pelatihan ini, selain itu juga dijelaskan kondisi potensi Desa Wisata yang ada di Kabupaten Buleleng, khususnya di Desa Les yang memiliki potensi alam yang akan mengikuti penilaian Anugerah Desa Wisata (ADWI), kegiatan pelatihan ini diharapkan agar masyarakat yang ikut pelatihan mampu memahami serta menerapkan ilmu/materi yang disampaikan oleh narasumber. Tentunya kegiatan ini diharapkan berlanjut tidak hanya pada saat penilaian nanti, tetapi bisa menjadi kebiasaan dan budaya baik bagi lingkungan. 

Materi pelatihan pertama pelatihan diisi dengan materi pengelolaan Sampah Anorganik melalui Bank Sampah yang disampaikan oleh Direktur Bank Sampah Induk (BSI) E-Darling. Materi yang disampaikan yaitu kondisi eksisting pengelolaan sampah di Kabupaten Buleleng, jenis-jenis sampah secara umum, sumber sampah, manfaat sampah salah satunya dapat menjadi uang dan emas melalui inovasi Tamas Darsa dan Limas Desa. 

Materi pelatihan kedua dengan materi Pengelolaan Sampah Organik menjadi kompos padat, penyuluh menjelaskan manfaat dari sampah organik bagi lingkungan. Dilanjutkan sampah organik yang dapat diolah menjadi kompos, manfaat kompos, dan proses pembuatan kompos menggunakan Tong Komposter yang dapat mengolah sampah dalam skala rumah tangga.

Materi pelatihan ketiga dengan materi sampah organik menjadi Eco Enzyme disampaikan jenis-jenis bahan organik yang dapat digunakan, bahan campuran, wadah yang dapat digunakan dan manfaat dari Eco Enzyme. Turut juga diberikan kesempatan kepada peserta untuk melakukan praktik/demonstrasi pembuatan Eco Enzyme. 

Pada akhir kesempatan diisi sesi tanya jawab terkait materi-materi yang sudah di sampaikan dan pemberian hadiah Eco Enzyme kepada peserta yang bertanya.