(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

KOORDINASI DAN SINKRONISASI PROGRAM LANGIT BIRU DI LPHD GIRI AMERTA DESA SAMBANGAN

Admin dlh | 19 Februari 2024 | 294 kali

Koordinator Unit Substansi Kerusakan Lingkungan beserta staf melakukan koordinasi dan sinkronisasi Program Langit Biru kepada Lembaga Pengelolaan Hutan Desa (LPHD) Giri Amerta di Desa Sambangan Kecamatan Sukasada, Senin, 19 Februari 2024. Koordinasi ini diterima langsung oleh Ketua LPHD, Bapak Wayan Dapet Yasa, dan beberapa anggota LPHD Giri Amerta. 

Lembaga Pengelolaan Hutan Desa (LPHD) Giri Amerta merupakan lembaga Desa Sambangan yang mendapat hak pengelolaan hutan desa seluas ± 118 hektar dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia sejak tahun 2018 sesuai Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: SK.8810/MENLHK-PSKL/PKPS/PSL.0/12/2018. Hutan desa ini berada pada kawasan hutan lindung di Desa Sambangan Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Provinsi Bali. 

Hutan Desa Sambangan yang dikelola LPHD Giri Amerta memiliki 3 (tiga) zona yaitu, Zona Pemanfaatan (94 hektar), Zona Lindung (20 hektar), dan Zona Bumi Banten (3 hektar). Dalam zona pemanfaatan terdapat zona jasa lingkungan seluas 3 hektar dan memiliki potensi yang bagus dalam sumber daya air, tercatat terdapat 3 (tiga) air terjun (Air Terjun Canging, Air Terjun Dedari, Air Terjun Cemara) dan 7 (tujuh) sumber mata air yang dimanfaatkan untuk pengelolaan hutan desa (40%) dan produksi air minum (60%). DLH memberikan motivasi kepada LPHD Giri Amerta agar tetap menjaga keberlanjutan sumber daya air yang sudah ada saat ini agar tetap lestari. Hasil survei lapangan menunjukkan bahwa secara fisik kondisi air yang mengalir di sungai-sungai kawasan hutan desa masih jernih, segar, dan bebas dari sampah anorganik. 

Lembaga Pengelolaan Hutan Desa (LPHD) Giri Amerta aktif melaksanakan pemanfaatan dan perlindungan kawasan hutan melalui penanaman jenis pohon kayu dan MPTS (Multy Purpose Tree Species). Sebanyak 3000 pohon pernah ditanam pada kawasan hutan yang pengadaan bibitnya berasal dari CSR perusahaan dan swadaya masyarakat. Hasil wawancara bersama Ketua LHPD Giri Amerta, saat ini terdapat seluas ± 5 hektar di Kawasan Hutan Desa Sambangan yang tergolong lahan kritis dan rencananya pertengahan tahun 2024 LPHD Giri Amerta akan melakukan kegiatan penanaman sebagai upaya peningkatan tutupan kawasan hutan. 

Pada kesempatan ini kami melakukan koordinasi dan sinkronisasi Program Langit Biru. Kami mengumpulkan data informasi terkait kegiatan yang dilakukan oleh LPHD Giri Amerta sekaligus mensinkronkan kegiatan Dinas Lingkungan Hidup yang bisa disinergikan / dikolaborasikan guna mendukung secara tidak langsung Program Langit Biru khususnya terkait dengan peningkatan kualitas udara di Kabupaten Buleleng. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng siap bersinergi dengan LPHD Giri Amerta dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup, misalnya berpartisipasi dalam kegiatan penanaman.