(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

TINDAK LANJUT PENGAJUAN PROPOSAL

Admin dlh | 05 Mei 2021 | 902 kali

Giat DLH

Rabu, 5 Mei 2021 Kepala Seksi Pengurangan Sampah (Hadi Saputra) didampingi staf (Sutrisna wijaya dan Suradiasa) menindaklanjuti terkait pengajuan proposal permohonan pembangunan TPS3R di Desa Tamblang. Adapun hasil yang di dapat yaitu:

  • Dasar pengajuan proposal permohonan tersebut yaitu, karena lahan yang digunakan untuk TPST saat ini adalah milik pribadi dan masa kerjasamanya akan berakhir pada tahun 2025
  • Untuk saat ini pengelolaan sampah di Desa Tamblang sudah berjalan dan sampah yang dikelola sebanyak 1ton perhari dengan rincian 50% sampah organik telah dikelola dengan membuatkan lubang di tanah tegalan dan sampah Anorganik/residu sebanyak 50% belum terkelola dan langsung dibawa ke TPA.
  • Pihak pemerintah Desa Tamblang sudah menyiapkan tempat yg baru dgn luasan 5 are dan telah menganggarkan di APBDes perubahan untuk penataan tempat baru dan tambahan tenaga pemilah
  • Saran dari pihak DLH yaitu, agar menggunakan lahan milik Desa Adat sebagai tempat mengelola sampah untuk sementara,sebelum proposal permohonan pembangunan TPS3R di setujui,karena pengelolaan sampah harus berkelanjutan.
  • Agar membentuk Bank Sampah untuk pengelolaan sampah anorganiknya dan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam pengelolaan sampah berbasis sumber

Pembangunan TPS ini adalah solusi paling akuran dalam penanganan sampah skala kawasan, dengan adanya TPS dimasing-masing kawasan, maka beban Pemerintah Kabupaten Buleleng khususnya dibidang persampahan bisa lebih ringan.
Semeton Buleleng,.. mari susksesnya program/kegiatan yang menunjang kebersihan lingkungan sekitar, pilih pilah olah sampah langsung dari sumbernya, manfaatkan kantong kresek yang masih layak pakai, bawa selalu kantong plastik ramah lingkungan saat belanja ke pasar modern ataupun ke pasar tradisional. Salam3R.