(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

PEMBAHASAN KEMAJUAN DAN PERMASALAN PENGISIAN BUKU DAFTAR ISIAN EVALUASI KUALITAS UDARA PERKOTAAN DAN UPAYA PENGENDALIAN PENCEMARAN UDARA

Admin dlh | 08 Agustus 2022 | 224 kali

Senin (08/08/2022), Kepala UPTD Lab Lingkungan Hidup, beserta staf Bidang PPKLH mengikuti kegiatan pembahasan kemajuan dan Permasalahan Pengisian Buku Daftar Isian Evaluasi Kualitas Udara Perkotaan dan Upaya Pengendalian Pencemaran Udara.  Kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring, yang diselenggarakan oleh Direktorat Pengendalian Pencemaran Udara KLHK,  dihadiri instansi lingkungan hidup se-Indonesia. Dalam sambutannya, Direktur Pengendalian Pencemaran Udara Ibu Luckmi Purwandari menyampaikan terkait:

=> Program Langit Biru dalam Indeks Respon Kinerja Daerah yang terdapat pada aplikasi IKLH dalam mendukung Pengendalian dan Kerusakan Lingkungan. 

=> Indeks Respon Kinerja Daerah merupakan monitoring dan evaluasi dalam pengelolaan lingkungan hidup, yang terdiri dari Program Kali Bersih (air), Program Langit Biru (udara), Program Pantai Bersih (air laut), Program Indonesia Hijau (lahan), dan Gambut lestari (gambut). 

=> Struktur Kriteria Indeks Respon Lingkungan Hidup yaitu Kebijakan dan Peraturan, Struktur dan Pengembangan Kompetensi, Perencanaan Kegiatan, Implementasi Kegiatan dan Inovasi.

Kasubdit Pengendalian Pencemaran Udara KLHK Ibu Ratna Kartika Sari selanjutnya memaparkan daftar isian Program Langit Biru yang nantinya juga akan terinput pada Indeks Respon di Aplikasi IKLH. Daftar isian tersebut paling lambat dikumpul pada akhir Agustus. Dan untuk penginputan Indeks Respon di Aplikasi IKLH batas akhirnya tanggal 30 September 2022. 

Direktorat Pengendalian Pencemaran Udara selanjutnya akan melaksanakan bimtek terkait pengisian daftar Isian Program Langit Biru agar lebih mendalam dan menyeluruh.