(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

LINGKUNGAN BERSIH CIPTAKAN HIDUP SEHAT

Admin dlh | 29 Januari 2020 | 101884 kali

Giat DLH

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber daya alam, serta flora dan fauna yang tumbuh di darat maupun di dalam laut. Lingkungan terdiri dari dua komponen biotik ( segala sesuatu yang bernyawa) dan abiotik ( segala yang tidak bernyawa ).

Lingkungan Bersih Hidup Sehat

Lingkungan bersih hidup sehat mempunyai arti lingkungan yang jauh dari kondisi yang menimbulkan penyakit. Lingkungan yang bersih akan menunjang terwujudnya hidup sehat. Makna dari lingkungan bersih hisup sehat ialah Lingkungan yang kita tempati memberikan kesan baik terhadap indra dan memberikan makna kesehatan.

Lingkungan yang ditempati dapat mendukung dan mempengaruhi kehidupan diri manusia. Jika lingkungan yang ditempati, masyarakatnya membiasakan hidup sehat, tentunya ini akan menimbulkan kesan yang baik bagi diri sendiri dan masyarakat. Tetapi sebaliknya jika anda tinggal di sekitar masyarakat yang membiasakan hidup kotor dan suka mabuk-mabukan hal ini akan mempengaruhi psikis dan mental anda, kondisi seperti ini harus anda hindari jika sudah berkeluarga karena lingkungan seperti ini dapat mempengaruhi  pergaulan anak anda.

Menciptakan Lingkungan Bersih dan Sehat

Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam hidup sehat, berikut beberapa cara mewujudkan terciptanya Lingkungan Bersih Hidup Sehat.

  1. Lingkungan di sekitar Rumah

Rumah Segar dan Asri, Sumber : Google Gambar

Lingkungan sehat berawal dari diri sendiri dan di lingkungan sekitar. Kesehatan juga untuk diri sendiri, maka dari itu mari kita jaga kesehatan dan jaga lingkungan agar tetap bersih. Sediakanlah tempat samapah di setiap ruangan yang memungkinkan sampah berada, biasanya di dapur, di kamar mandi dan di halaman rumah. Sebaiknya kita menyediakan 2 jenis tempat sampah,yakni sampah basah dan sampah kering, jika kedua sampah tersebut dicampurkan maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap, dan manfaat jika kita memisahkan sampah kering dan sampah basah ialah kita dapat mengolah sampah tersebut menjadi barang yang berguna kembali ( recycle ).Buanglah sampah yang telah terkumpul pada waktu tertentu atau disaat tempat sampah tersebut sudah hampir penuh. Jangan tunggu hingga tempat sampah tersebut penuh karena itu akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan mendatangkan kecoa / lalat.

Terapkan jugalah prinsip 3 R ( ReUse, ReCycle, ReDuce ) yang artinya Reuse = Menggunakan Kembali, ReCycle = Mendaur Ulang, dan ReDuce = Menggurangi. Sediakanlah tempat penampungan sampah organik dihalaman karena sampah organik akan bermanfaat nantinya untuk pupuk kompos.

  1. Bersihkan lantai secara rutin.

Dimulai dengan menyapu hingga mengepel menggunakan caian penncuci lantai yang mengandung formula anti kuman. Lantai merupakan bagian rumah yang langsung terkena kulit, jika lantai kotor tentunya kuman yang ada akan menempel pada kulit dam menyebabkan penyakit. Jika lantai rumah bersih dan wangi tentunya akan menimbulkan kesan yang baik dan tentunya kesehatan yang baik pula. Selayaknya membersihkan rumah secara teratur karena dengan teratur keindahan dan kenyaman rumah akan semakin terjaga.

  1. Hindari genangan air

Hindarilah genangan air karena genangan air dapat menyebabkan berkembang biaknya nyamuk aedes aegepty / nyamuk demam berdarah. Hindari segera genangan air serta membakar sampah-sampah yang bertumpuk di halaman.

  1. Buatlah Ventilasi dan ruang cahaya

Buatlah ventilasi udara yang memungkinkan udara segar selalu masuk ke dalam rumah dan berikanlah ruang untuk cahaya agar masuk menyinari ruangan. Hal ini akan membuat rumah tidak pengap, segar, dan tak tampak kusam. Sirkulasi udara yang baik akan mempengaruhi kualitas rumah. Udara yang kotor dirumah dapat dengan mudah berganti dengan udara yang bersih.

  1. Lakukanlah Kerja Bakti
  2. Perbanyak tumbuhan hijau

Perbanyaklah tumbuhan hijau di pekarangan rumah yang akan membuat rumah terlihat asri dan segar. Udara kotor akan cepat berganti menjadi udara segar. Demikianlah Artikel Lingkungan Bersih Hidup Sehat. Semoga rumah dan alam sekitar kita menjadi segar dan asri.

*Tulisbaca.com