(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

INOVASI E-DARLING SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF SOLUSI DALAM PENANGANAN DAN PENGELOLAAN SAMPAH DI KABUPATEN BULELENG

Admin dlh | 29 Januari 2020 | 995 kali

Giat DLH

Edukasi Sadar Lingkungan  (E-Darling)  merupakan program yang mengedepankan pada pemberian edukasi lingkungan kepada Masyarakat Buleleng, bersinergi dengan Forum Komunitas Peduli Lingkungan               di Kabupaten Buleleng. Aksi E-Darling ini sebagai bentuk dalam mewujudkan sinergitas antara Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng dengan seluruh komunitas peduli lingkungan termasuk juga para pelajar dan mahasiswa yang aktif dalam aksi kepedulian terhadap kebersihan lingkungan di Kabupaten Buleleng.

Jumlah timbulan sampah di Kabupaten Buleleng yang masuk ke TPA Bengkala Tahun 2017 sebesar 372 m3 per hari dan mengalami peningkatan sebesar 432 m3 per hari di Tahun 2018, dengan komposisi sampah terdiri dari sampah organik sebesar 80% sedangkan sampah anorganik sebesar 20%. Tingginya timbulan sampah tersebut jika tidak segera ditangani akan mempengaruhi perkembangan pariwisata di Kabupaten Buleleng.

Untuk menangani masalah sampah tersebut, Bupati Buleleng telah menetapkan Peraturan Bupati Buleleng Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Kebijakan dan Strategi Daerah (Jakstrada) Kabupaten Buleleng dalam menangani sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, dimana dalam peraturan tersebut ditetapkan target pengurangan sampah sebanyak 30% dan target penanganan sampah sebanyak 70% di Tahun 2025 dari potensi timbulan sampah               di Kabupaten Buleleng. Tercapainya target Jakstrada akan dapat mewujudkan kondisi lingkungan Buleleng yang bersih. Kondisi ini merupakan kondisi ideal yang diharapkan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng.

Akan tetapi, permasalahan yang terjadi saat ini di Kabupaten Buleleng adalah potensi jumlah timbulan sampah diperkirakan sudah mencapai 1.912,40 m³/hari dari 9 Kecamatan dengan jumlah penduduk sebanyak 764. 917 jiwa pada Tahun 2017. Tingginya potensi ini disebabkan oleh tidak dikelolanya sampah dengan baik karena kurangnya kesadaran dan partisipasi Masyarakat Buleleng dalam mengelola sampah. Kurangnya kesadaran dan partisipasi Masyarakat Buleleng

tentunya karena kurang optimalnya edukasi lingkungan. Maka dari itu, dengan inovasi E-DARLING maka dapat memberikan edukasi yang tepat kepada Masyarakat Buleleng.

Dengan adanya sinergitas antara pemerintah dengan komunitas peduli lingkungan dalam melaksanakan edukasi sadar lingkungan akan mempercepat pencapaian tujuan pemerintah dalam peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mengelola sampah dan merealisasikan Visi Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Selain itu, masyarakat akan menjadi lebih peduli dan mempunyai rasa tanggung jawab bersama dalam mengelola sampah.

Peningkatan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan terutama dalam mengelola sampah dioptimalkan dengan strategi Inovasi E-DARLING (Edukasi Sadar Lingkungan) menuju Buleleng Bersih Tahun 2025. Untuk melakukan edukasi ini telah dibentuk Forum Komunitas Peduli Lingkungan Kabupaten Buleleng dengan Keputusan Bupati Buleleng Nomor 660/879/HK/2019, tanggal 17 September 2019 yang bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Buleleng dalam hal ini dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng dalam melaksanaan gerakan aksi E-DARLING seperti, sosialisasi, penyuluhan, bimbingan teknis, workshop, maupun kegiatan bersih-bersih yang secara kontinyu dilakukan seperti di Kawasan Desa Wisata Baliaga, Kecamatan Banjar, Desa Pengastulan, Kecamatan Seririt, Desa Pemuteran Kecamatan Gerokgak, Kawasan Pantai Lovina Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan implementasi pencapaian target jangka pendek dari inovasi E-Darling.

Banyak komunitas peduli lingkungan yang tergabung dalam forum ini, yaitu Trash Hero Indonesia, Bersih-Bersih Bali, Bali Unggul Harmony, Baliaga Harmony, Niskala, Mapala Loka Samgraha Undiksha, Pemuda Peduli Lingkungan Bali, Siswa Sma/Smk Peduli Lingkungan Kabupaten Buleleng, Jeprilink, Karang Taruna Kabupaten Buleleng, Forum Anak Daerah Kabupaten Buleleng, Bank Sampah Induk E-Darling, Seluruh Bank Sampah Unit Kabupaten Buleleng, Serta Para Relawan dari berbagai Elemen Masyarakat Kabupaten Buleleng.

 Forum Komunitas Peduli Lingkungan Kabupaten Buleleng berkomitmen dan telah berdeklarasi saat pengukuhan dengan menyatakan hal berikut:

  1. Forum Komunitas Peduli Lingkungan Kabupaten Buleleng bersedia bersinergi dengan seluruh stakeholder dalam menjaga lingkungan Buleleng agar tetap bersih terutama dari ancaman sampah plastik.
  2. Forum Komunitas Peduli Lingkungan Kabupaten Buleleng selalu berupaya meningkatkan penanganan sampah melalui gerakan E-DARLING (Edukasi Sadar Lingkungan) kepada seluruh komponen masyarakat Buleleng dari hulu hingga hilir.
  3. Forum Komunitas Peduli Lingkungan Kabupaten Buleleng berkomitmen dalam mengembalikan kondisi lingkungan Buleleng menjadi bersih dan lestari, serta
  4. Forum Komunitas Peduli Lingkungan Kabupaten Buleleng sangat mendukung penuh segala peraturan dan kebijakan pemerintah dalam pengelolaan sampah.

Kegiatan-kegiatan edukasi yang dilaksanakan oleh Forum Komunitas Peduli Lingkungan bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng diharapkan mampu meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mengelola sampah, sehingga berdampak baik terhadap pariwisata di Kabupaten Buleleng dan bagi kebersihan lingkungan menuju Buleleng Bersih Tahun 2025.