(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

GEBYAR MENANAM POHON DI HUTAN DESA SELAT

Admin dlh | 30 Januari 2023 | 468 kali

GEBYAR MENANAM POHON DI HUTAN DESA SELAT

Oleh :

I Made Artika, SP

 

Pohon merupakan sumber kehidupan, karena dengan pohon memberikan manfaat bagi lingkungan, sosial dan juga ekonomi. Manfaat bagi lingkungan, yaitu jelas pohon dapat mengurangi erosi, pengatur iklim, dan juga menyimpan air di musim penghujan. Manfaat sosial dari pohon adalah sering kali pohon mempengaruhi kondisi sosial kemasyarakatan seperti hasilnya dimanfaatkan untuk sarana silaturahmi dengan cara memberikan buahnya.  Manfaat secara ekonomi jelas pohon menghasilkan berbagai buah, kulit, dan daun yang bernilai ekonomi dan dijual untuk penghasilan keluarga.?

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng berperan aktif dalam kegiatan penanaman pohon salah satunya menghadiri undangan Gebyar Menanam Pohon di Desa Selat, Kecamatan Sukasada. Aksi gebyar menanam ini tepatnya dilakukan di Kawasan Hutan Desa Selat. Kegiatan ini dihadiri juga oleh Ketua DPRD Kab. Buleleng, dan Anggota DPRD Kab. Buleleng Dapil Selat, KPH Bali Utara. Pada kesempatan ini DLH diwakili oleh Kabid Tata Lingkungan beserta staf dan dihadiri pula oleh Perwakilan Camat Sukasada, perwakilan OPD Lingkup Kab. Buleleng, Danramil Sukasada, Perwakilan Polsek Sukasada serta perangkat Desa Adat dan masyarakat Desa Selat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjaga kelestarian Hutan Desa Selat dan juga diharapkan dapat menambah daerah tangkapan air (cath area) demi kelangsungan hidup masyarakat.

Jenis pohon yang ditanam adalah bibit alpukat super, alpukat lokal, dan durian. Jumlah bibit yang ditanam sebanyak 550 pohon. Penanam pohon ini merupakan kegiatan yang selalu dilakukan dalam setiap momentum hari menanam pohon dan bulan menanam setiap tahunnya yang memiliki harapan dapat mendorong masyarakat untuk selalu menanam pohon demi kelestarian alam dan lingkungan. Pohon secara global merupakan bagian dari upaya mitigasi perubahan iklim dan untuk mengurangi dampak pemanasan global.  Dunia begitu peduli dengan upaya ini terbukti berbagai kepala negara yang melakukan penanaman pohon di berbagai kesempatan. Maka dari itu, Perangkat Desa Selat sangat memiliki peran yang besar dalam pembangunan kelestarian hutan desa dengan selalu memberikan contoh dan motivasi bagi masyarakatnya. Oleh karena itu masyarakat diharapkan untuk terus melakukan penanaman pohon di lahan yang masih kosong dan di lahan-lahan kritis dengan menyesuaikan jenis tanaman yang tepat digunakan. Dengan menanam pohon ini bahwa pentingnya lingkungan dan alam bagi generasi sekarang dan masa yang akan datang, sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap upaya mencegah perubahan iklim dan pemanasan global. Mari bersama-sama menanam pohon untuk kelestarian lingkungan dan ketersedian air di masa depan!