(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

MENGUBAH BOTOL PLASTIK MENJADI POHON NATAL “ELEGAN & BERNILAI EKONOMIS”

Admin dlh | 14 Desember 2022 | 225 kali

MENGUBAH BOTOL PLASTIK MENJADI POHON NATAL

“ELEGAN & BERNILAI EKONOMIS”

 

Oleh:

 

Putu Elvira Yulianthi, S.Si

 

 

Bulan Desember menjadi salah satu bulan yang penuh suka cita. Bulan ini sangat identik dengan perayaan Natal dan Tahun Baru sehingga banyak masyarakat yang menantikan momentum ini untuk dapat berkumpul bersama keluarga dan orang terkasih, terutama bagi mereka yang tinggal berjauhan dengan sanak keluarganya. Pada bulan Desember ini, kita akan banyak menjumpai berbagai macam jenis pohon natal di berbagai tempat seperti di Mall atau pusat perbelanjaan, taman, tempat ibadah umat Kristen / Katolik, dan yang lainnya.

Sebagai masyarakat yang harus aware terhadap isu-isu lingkungan, momen ini dapat kita manfaatkan untuk mendaur ulang sampah menjadi hal yang lebih berguna dan ramah lingkungan. Daripada membuat pohon natal dari pohon cemara asli yang mungkin saja akan berdampak negatif bagi lingkungan, ada baiknya kita melakukan inovasi dengan membuat pohon natal dari tumpukan botol-botol plastik bekas pakai. Selain akan menghemat biaya, tentunya hal ini merupakan salah satu usaha untuk mengolah sampah yang ada di sekitar kita.

Inovasi ini telah diterapkan oleh Bank Sampah Kaliber. Ketut Budiasa selaku direktur Bank Sampah Kaliber telah berhasil membuat pohon natal setinggi lebih dari 5 meter dari botol-botol plastik. Beliau juga menghiasnya dengan sangat cantik dengan berbagai ornamen hiasan pohon natal serta diberikan sentuhan akhir berupa penambahan mini lights atau string lights yang menambah kesan elegan dari pohon natal tersebut. Beliau menyebutkan, biaya yang dikeluarkan dari pembuatan pohon natal ini jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli pohon asli atau pohon tiruan. Dengan inovasi ini, dapat kita simpulkan bahwa sampah-sampah disekitar kita akan bernilai jika kita dapat memanfaatkannya dengan baik.

Inovasi ini juga menjadi salah satu keuntungan dari pemanfaatan kembali sampah-sampah di sekitar kita. Dengan memanfaatkan kembali botol plastik, dapat mengurangi polusi udara karena dengan memilah sampah akan menghidari kita membakar sampah-sampah yang bisa menyumbang Karbon Dioksida (CO2) yang sangat mencemari udara. Selain itu juga memiliki keuntungan ekonomi karena dengan memilah sampah kita bisa memanfaatkan kembali barang-barang bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat. Pemanfaatan kembali sampah plastik juga dapat mengurangi jumlah sampah anorganik yang masuk ke tempat pembuangan sampah. Karena sifatnya yang susah terurai jadi jika dibuang langsung tanpa daur ulang akan sangat mencemari lingkungan.