(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

BUKALSIH (BULELENG KALI BERSIH) Aksi Bersih Kali Guna Mengembalikan Fungsi Kali di Musim Penghujan

Admin dlh | 03 April 2024 | 981 kali

BUKALSIH (BULELENG KALI BERSIH)

Aksi Bersih Kali Guna Mengembalikan Fungsi Kali di Musim Penghujan

Oleh:

Kadek Sukrawan

 

        Sejarah mencatat sungai / kali adalah tempat tumbuhnya peradaban manusia. Sampai saat ini, kali dimanfaatkan sebagai sumber kehidupan bagi makhluk hidup untuk memenuhi kebutuhan air rumah tangga, pertanian, perikanan, dan transportasi. Selain itu, kali juga memiliki fungsi penting bagi alam, yaitu sebagai pendukung utama kehidupan flora dan fauna. Jika kondisi lingkungan sungai tercemar, maka kehidupan di dalam maupun di sepanjang aliran sungai akan terancam.

            Keberadaan kali pun memiliki fungsi penting untuk mengalirkan air dari hulu ke hilir, dan biasanya airnya juga dimanfaatakan untuk irigasi di persawahan. Namun ketika musim kemarau datang debit air di kali menjadi surut yang membuat kedalaman kali jauh berbeda dengan keadaan musim hujan. Ketika musim hujan datang, debit air di kali akan semakin tinggi, oleh karena itu perlu adanya pembersihan kali secara berkala untuk memastikan tidak adanya sampah yang dapat menyumbat aliran air tersebut.  

         Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng bersama pimpinan daerah (Pj Bupati) dan seluruh OPD, Kodim, Polres Buleleng, dan masyarakat sekitar melakukan aksi bersih kali yang menyasar Tukad / Kali Buleleng dan Tukad Banyumala. Beberapa hal yang dapat menghambat aliran air di sungai-sungai ini ialah sampah makanan, limbah rumah tangga dan sisa-sisa ranting pohon. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai bentuk wujud nyata dalam mendukung program pemerintah dalam menjaga kebersihan sungai di Buleleng. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meminimalisir terjadinya banjir akibat tersumbatnya aliran air tersebut. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi kali dengan baik dan menyadarkan masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan sekitar.

Sumber:

https://satunama.org/3766/pentingnya-kesadaran-masyarakat-akan-kebersihan-sungai/  

https://indonesia.go.id/kategori/editorial/7337/ayo-peduli-kebersihan-sungai?lang=1