(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

TANAMAN HIAS LIDAH MERTUA SEBAGAI PENYARING UDARA KOTOR DI DALAM RUANGAN

Admin dlh | 14 Maret 2023 | 577 kali

TANAMAN HIAS LIDAH MERTUA SEBAGAI PENYARING UDARA KOTOR

DI DALAM RUANGAN

 

Oleh:

Komang Agus Triyasa

Lidah mertua yang dikenal dengan Sansevieria trifasciata adalah salah satu jenis tanaman hias yang terkenal dan mudah ditemukan. Tanaman yang juga disebut dengan snake plants ini adalah tanaman asli Asia dan Afrika. Tanaman ini dapat dikenali dari daunnya yang berbentuk pedang hijau yang tumbuh tegak dan hampir menyerupai dedaunan buatan. Mereka juga memiliki akar pendek dengan sentuhan warna kuning pada daunnya yang membuatnya semakin menarik. Lidah mertua tumbuh di mana saja dengan tinggi mulai dari 15 cm hingga hampir 1 meter. Lidah mertua mudah dirawat dan hanya membutuhkan air untuk bertahan hidup. Keunikan lidah mertua inilah yang kemudian memikat hati para penggemar tanaman hias. Supaya semakin tertarik merawat tanaman lidah mertua di rumah, sebaiknya ketahui manfaat lidah mertua. Tanaman lidah mertua selain memberikan suasana yang lebih segar dan indah, ternyata lidah mertua juga memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan, misalnya:

1.    Lidah mertua bisa membantu menyaring udara dalam ruangan. Yang unik dari tumbuhan ini adalah ia merupakan salah satu dari sedikit tumbuhan yang dapat mengubah karbondioksida (CO2) menjadi oksigen di malam hari. Kualitas ini menjadikan tanaman lidah mertua sangat ideal untuk dekorasi kamar tidur karena dapat membantu mengatur aliran udara yang sehat.

2.    Lidah mertua juga dikenal karena kemampuannya membantu menghilangkan polutan udara beracun. Lidah mertua dapat bermanfaat bagi mereka yang memiliki alergi. Hal ini karena tanaman ini akan menyerap racun dan melepaskan oksigen. Tanaman lidah mertua juga dapat melepaskan kelembapan di udara dan mengurangi alergen di udara. Oleh karena itu, banyak penderita alergi memiliki tanaman ini di rumah karena tanaman ini adalah cara alami untuk menghindarkan mereka dari risiko munculnya penyakit. Bisa dikatakan, tanaman lidah mertua adalah tanaman yang mampu memurnikan udara dengan menyerap racun melalui daun dan menghasilkan oksigen murni.

 

Sumber:

https://www.google.com/searchq=tanaman+lidah+mertua&oq=tanaman+lidah+mertua&aqs=chrome.0.0i355i433i512j46i414i424i433i512j0i512l8.325616j0j15&sourceid=chrome&ie=UTF-8&bshm=bshwcqp/1