(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

AQUARIUM MINI UNTUK HIASAN MEJA KANTOR

Admin dlh | 03 April 2023 | 439 kali

AQUARIUM MINI UNTUK HIASAN MEJA KANTOR

Oleh:

Made Erna Wintari, SH

 

Sebagain manusia menghabiskan waktunya di tempat kerja. Biasanya kita menghabiskan waktu dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore di kantor. Selain pimpinan yang asik, teman yang hangat, suasana kerja yang tenang, ruangan yang nyaman akan meningkatkan motivasi saat bekerja. Jika di dalam ruangan terasa tidak nyaman itu akan membuat kerja kita cepat bosan, apalagi jika kerjaan menumpuk. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kerja menjadi lebih menyenangkan bisa dengan mendengarkan musik santai atau bisa menghias meja kerja menjadi lebih nyaman. Tetap menjaga kebersihan meja serta menghiasinya dengan tanaman kecil hingga aquarium dengan di tambah ikan-ikan menjadi hobby baru di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng salah satunya di ruangan Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3).

Demi membuat ruangan yang asri dan nyaman staf di Bidang PSLB3 juga menghiasi meja masing-masing dengan tanaman hingga aquarium mini. Hal ini bisa membuat suasana lebih segar dengan melihat aquarium mini. Selain memperindah meja kerja, menonton ikan ternyata bisa menghilangkan stres dan menstabilkan detak jantung. Efeknya mirip dengan mendengarkan musik mengalihkan perhatian kita ke sesuatu yang lebih baik.

Selain menghias meja di ruangan, para staf juga menghias ruangan dengan menambahkan tanaman-tanaman hijau yang bisa menyegarkan mata dan membuat ruangan sejuk. Biasanya jika menatap layar komputer lama atau membaca terlalu sering tidak baik untuk kesehatan mata. Dengan melihat tanaman hijau maka membuat pikiran lebih tenang dan produktivitas bisa meningkat. Tanaman hias dalam ruangan juga berfungsi sebagai filter udara alami. Tanaman hias dapat membantu menghilangkan racun dan polutan dari udara.

Tidak hanya itu staf juga memanfaatkan bahan bekas menjadi kerajinan tangan yang dan dibuat bersama-sama. Seperti, pohon bunga Sakura yang dibuat dari kresek bekas, pot hewan lucu yang di buat dari galon bekas, pot gantung yang dibuat dari botol bekas dan masih banyak lagi sehingga kerajinan tangan itu menambah kesan unik di ruangan ketika ada tamu yang datang. Yuk mulai hias ruangan dengan kreatif untuk menumbuhkan dan mendorong ide-ide kreatif!  

Bottom of Form