(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

BULELENG RAIH PENGHARGAAN EMPAT SEKOLAH ADIWIYATA NASIONAL TAHUN 2021

Admin dlh | 03 Februari 2022 | 1590 kali

BULELENG RAIH PENGHARGAAN

EMPAT SEKOLAH ADIWIYATA NASIONAL TAHUN 2021

 

Oleh: I Putu Indrawan, S.Sos

Penghargaan Adiwiyata adalah suatu penghargaan yang diberikan bagi sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan PBLHS (Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah), yaitu aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjejaring, dan berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup.

Adapun jenis dari penghargaan Adiwiyata yang diberikan oleh pemerintah adalah sebagai berikut :

·     Penghargaan Adiwiyata Kabupaten / Kota, penghargaan yang diberikan oleh Bupati / Walikota.


·  Penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi ialah suatu penghargaan yang diberikan oleh Gubernur.


·   Penghargaan Adiwiyata Nasional yakni suatu penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

·  Penghargaan Adiwiyata Mandiri ialah suatu penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang sudah mendapat penghargaan Adiwiyata Nasional dan telah berhasil membina minimal 2 sekolah binaan ditetapkan sebagai sekolah Adiwiyata Kabupaten / Kota.

Dasar Hukum dari program kegiatan Adiwiyata yaitu Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.52/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang Gerakan Pedulidan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah dan ketentuan Pasal 9 Huruf c Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.53/MENLHK/SETJEN/KUM.1/9/2019 tentang PenghargaanAdiwiyata.

Jumlah total Sekolah Adiwiyata yang ada di Kabupaten Buleleng sampai dengan tahun 2022 sebanyak 61 (enam puluh satu) sekolah yang telah ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata, dengan kategori adiwiyata Kabupaten sebanyak 28 (dua puluh delapan) sekolah, Adiwiyata Provinsi sebanyak 21 (dua puluh satu) sekolah, Adiwiyata Nasional sebanyak 9 (sembilan) sekolah dan Adiwiyata Mandiri sebanyak 3 (tiga) sekolah.

Tahun 2021 Kabupaten Buleleng kembali menerima penghargaan Adiwiyata yang mana dari 8 (delapan) usulan calon Sekolah Adiwiyata berhasil ditetapkan 4 sekolah sebagai Adiwiyata Nasional yaitu, SDN 1 Banyuning, SDN 1 Tajun, SMPN 2 Singaraja dan SMPN 3 Seririt. Penghargaaan diserahkan pada hari Rabu, 2 Februari 2022 bertempat di Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali, Jalan DI. Panjaitan Nomor 1 Denpasar. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Goantika Binastra (Penyuluh Lingkungan Hidup) Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali  dan diterima oleh masing-masing Kepala Sekolah yang didampingi oleh Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup (Kadek Agus Hartika, ST, MAP) beserta Penyuluh Lingkungan Subtansi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup (I Putu Indrawan, S.Sos). Harapan kedepan semakin banyak sekolah di Kabupaten Buleleng  yang melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di Sekolah dan ditetapkan sebagai Sekolah Adiwiyata.