(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

MANFAATKAN BOTOL BEKAS DAN HALAMAN RUMAH DENGAN MENANAM TANAMAN HIDROPONIK

Admin dlh | 23 Juni 2023 | 709 kali

MANFAATKAN BOTOL BEKAS DAN HALAMAN RUMAH

DENGAN MENANAM TANAMAN HIDROPONIK

 

Oleh: I Putu Eka Juliartawan, A.Md

 

            Kegiatan berkebun akhir-akhir ini semakin digemari oleh banyak kalangan masyarakat. Berkebun menjadi hobi baru saat ini, karena masyarakat dapat menghabiskan waktunya dengan asyik dirumah. Bagi kalangan masyarakat yang memiliki halaman rumah yang luas, mereka bebas menanam berbagai macam tanaman. Lalu, bagaimana dengan masyarakat yang memiliki halaman yang tidak cukup luas?

            Salah satu cara berkebun yang dapat dilakukan adalah dengan menanam tanaman hidroponik. Cara berkebun ini sangat populer dilakukan dikalangan masyarakat karena tidak memerlukan tanah serta halaman yang luas. Cara menanam hidroponik juga tidak membutuhkan biaya yang mahal, karana masyarakat bisa memanfaatkan botol plastik bekas yang ada dirumah. Memanfaatkan botol plastik bekas untuk menanam tanaman hidroponik sangat menguntungkan. Selain mengurangi sampah plastik, masyarakat juga bisa menikmati hasil kebunnya sendiri. Berikut merupakan cara menanam tanaman hidroponik menggunakan botol plastik bekas yang dapat dilakukan masyarakat.

1.      Siapkan botol bekas yang akan digunakan, lalu potonglah botol menjadi 2 bagian.

2.      Bagian tutup botol dilubangi untuk menaruh sumbu atau kain bekas.

3.      Setelah itu, bagian leher botol dimasukkan kedalam badan botol dengan posisi terbalik, sehingga posisi tutup botol ada di bagian bawah.

4.      Tambahkan air pada bagian badan botol kira-kira 2/3 botol dan jangan sampai menyentuh tutup botol. Lalu pastikan sumbu atau kain bekas masuk kedalam air.

5.      Masukkan media tanaman dan biji tanaman hidroponik kedalam botol bagian leher.

6.      Gantilah air pada botol secara rutin.

 

Sumber gambar:

https://hidrafarm.blogspot.com/2016/09/cara-membuat-hidroponik-dari-botol.html