(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

VIDEO SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF SOSIALISASI DI SEKOLAH

Admin dlh | 27 Oktober 2022 | 681 kali

VIDEO SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF SOSIALISASI DI SEKOLAH

Oleh :

I Komang Juli Angriyasa, S.Tr.Kes

 

Sosialisasi adalah sebuah proses yang dilalui individu untuk memperoleh nilai-nilai, pengetahuan dan keterampilan sehingga dapat berperan secara efektif dalam masyarakat melalui cara berpikir, berperasaan, dan berperilaku mengikuti norma-normal sosial untuk berpartisipasi sebagai anggota dalam kelompok masyarakatnya (Sutaryo, 2004). Pada dunia sekolah, sosialisasi merupakan salah satu bentuk interaksi sosial yang sangat penting, karena dengan adanya sosialisasi dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pergaulannya secara luas. Proses sosialisasi sebaiknya berlangsung secara terarah, karena berpengaruh terhadap proses perkembangan anak didik pada masa yang akan datang. Selain itu, anak didik akan belajar untuk menyesuaikan dirinya dengan lingkungan yang semakin luas untuk belajar menghargai, menghormati, dan bersikap lebih baik lagi (Nasih, 2010).

Kegiatan sosialisasi di Sekolah harus menggunakan proses pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, oleh karena itu dibutuhkan media sosialisasi yang menarik dan tidak monoton. Salah satu media yang dapat digunakan untuk sosialisasi, yaitu video. Video merupakan contoh media pembelajaran berbasis multimedia yang dapat dimanfaatkan pada penyampaian materi pelajaran. Sosialisasi melalui video akan memudahkan dalam menyampaikan pesan atau materi serta juga memudahkan peserta didik dalam memahami konteks mata pelajaran (Anitah, 2008).

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng sebagai leading sector yang mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan otonomi daerah pada bidang lingkungan hidup di Kabupaten Buleleng, dan melalui Penyuluh Lingkungan Hidup melakukan kegiatan sosialisasi di Sekolah Dasar yang ada di Kabupaten Buleleng. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman anak didik terhadap pentingnya pengelolaan sampah sejak dini, sehingga mereka bisa ikut terlibat dalam menjaga kebersihan lingkungan, baik di Lingkungan Sekolah maupun di Luar Lingkungan Sekolah. Pelaksanaan sosialisasi oleh Penyuluh Lingkungan Hidup sudah dilakukan dengan pemutaran video, dimana video tersebut memuat materi terkait dengan jenis sampah, sumber sampah, dan teknik pengelolaan sampah sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali Nomor 47 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber. Pemutaran video edukasi ini bertujuan untuk membuat proses sosialisasi menjadi lebih interaktif dan menyenangkan. Harapannya dengan dilakukan kegiatan sosialisasi di Sekolah Dasar dapat meningkatkan kepedulian anak didik terhadap lingkungan dan ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

 

Sumber :

Anitah, Sri. 2008. Media Pembelajaran. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.

Nasih, W. 2010. Pengelolaan Sampah yang Ramah Lingkungan di Sekolah, Pelatihan Pengembangan Sekolah Hijau untuk Guru-Guru SMK RSBI se-DIY. LPPM UGM bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Provinsi DIY.

Sutaryo. 2005. Dasar-Dasar Sosialisasi. Jakarta: Rajawali Press.