(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

PEMANFAATAN ECO ENZYME UNTUK MENANGGULANGI PENYEBARAN WABAH PMK

Admin dlh | 10 Agustus 2022 | 1115 kali

                                                        PEMANFAATAN ECO ENZYME UNTUK

MENANGGULANGI PENYEBARAN WABAH PMK

 

Oleh :

 

Komang Agus Triyasa, A.Md

 

Eco enzyme merupakan cairan hasil fermentasi yang serbaguna dan dapat digunakan untuk aktivitas rumah tangga, pertanian, dan bahkan peternakan. Pada dasarnya, eco enzyme ini akan mempercepat reaksi bio-kimia di alam untuk menghasilkan enzim yang berguna. Dalam contoh penanganan kasus Pernyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak berkaki empat ini, kita bisa menggunakan hanya dengan sedikit eco enzyme yang dicampur air biasa dengan perbandingan 1: 1.000. Bisa menghilangkan bau kandang dan menyemprot tubuh sapi agar segera terhindar dari virus PMK. Dalam menanggulangi wabah PMK para peternak memberikan penanggulangan ekstra untuk memberi kesembuhan kepada hewan ternaknya. Diantaranya ada yang memberi larutan eco enzyme yang dipercaya dapat membantu meredakan luka pada hewan ternak. Dikutip dari: Peternakan.sariagri.id Penggunaan eco enzyme ini mampu mengurangi secara signifikan munculnya air liur yang berlebihan pada hewan ternak yang terpapar PMK.

Eco enzyme ini bisa dibuat sendiri karena bahan-bahannya mudah didapat di rumah tangga yakni dari hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran dicampur dengan gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan juga air. Bahan-bahan ini kemudian difermentasi dalam bak plastik berpenutup rapat dalam jangka waktu paling sedikit 90 hari. Penyimpanan harus diletakkan di tempat yang bersih dan teduh. Disarankan untuk meletakkan sebelah wadah diletakkan tanaman lidah mertua untuk menetralisir gas metana.

Untuk penggunaannya bisa mengikut tata cara berikut ini :


1. Mengaplikasikan untuk Luka Kuku, Badan, dan Mulut

Menggunakan eco enzyme murni (tanpa perlu pencampuran apapun) dan disemprotkan sesering mungkin pada bagian luka dengan mengunakan alat semprot tanam.


2. Mengaplikasikan untuk konsumsi

Peternak juga dapat mengaplikasikan eco enzyme dengan mencampurnya ke dalam air minum hewan yang terjangkit PMK. Takarannya ialah satu liter eco enzyme untuk seribu liter air. 


3. Mengaplikasikan untuk Pembersihan Kandang.

Pemilik hewan ternak terjangkit PMK dapat menggunakan eco enzyme untuk membersihkan kandang ke lingkungan sekitar kandang untuk membantu memurnikan ekosistem tanah sekitar kandang.


Untuk mensterilkan kandang atau kotoran hewan terjangkit PMK, dapat menggunakan satu liter eco enzyme dengan seribu liter air. Mari jaga bumi dengan mengolah bahan organik sisa menjadi eco enzyme yang sangat bermanfaat.

 

Sumber Gambar : https://www.google.com/search?q=eco+enzyme+untuk+mengurangi

+pmk&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=2ahUKEwj5juxtqn5AhXuS2wGHWfmCpcQ_ AUoAXoECAEQAw#imgrc=Zic_3OlnFN-lQM

 

Sumber Topik :

https://jatim.antaranews.com/berita/613389/memanfaatkan-eco-enzyme-untuk-penanganan-darurat-pmk