(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

IDE HADIAH RAMAH LINGKUNGAN MINIM SAMPAH

Admin dlh | 19 Januari 2023 | 421 kali

IDE HADIAH RAMAH LINGKUNGAN MINIM SAMPAH

Oleh:

Luh Indrawati, SE

 

Peringatan atau perayaan hari spesial biasanya selalu identik dengan pemberian kado yang merupakan moment special di hari tersebut. Hari ulang tahun, anniversary, tahun baru, Hari Raya Natal, dan perayaan lainnya yang biasanya kita memberikan hadiah kepada kerabat, keluarga serta orang-orang tersayang. Memberikan kado atau hadiah kepada orang tersayang, tentu akan menjadi sebuah moment yang sangat berharga dan berkesan bagi kalian dan orang terdekat kalian. Namun sayangnya, sering kali hadiah yang kita berikan kurang tepat sasaran sehingga hanya akan berakhir di tempat sampah. Belum lagi permasalahan bungkusan atau kertas kado yang tidak mudah didaur ulang sehingga menyebabkan meningkatnya jumlah produksi sampah yang membahayakan kehidupan manusia dan lingkungan. Oleh sebab itu untuk menanggulangi hal tersebut maka ide untuk memberikan kado yang ramah lingkungan dan minim sampah menjadi pilihan yang sesuai untuk mengurangi produksi sampah. Berikut beberapa ide kado minim sampah yang bisa diberikan kepada kerabat keluarga dan orang tersayang di hari spesial:

 

1.        Tanaman

Saat ini, tidak jarang orang-orang menjadikan tanaman sebagai kado untuk teman atau keluarga terdekat. Tanaman merupakan hadiah favorit karena eco-friendly dengan tidak menghasilkan sampah, tanaman juga tahan lama jika dirawat dengan benar. Tentunya ada banyak manfaat tanaman bagi kehidupan kita, misalnya menangkal polusi udara, sebagai aromaterapi alami, dan sebagai hiasan dirumah.

2.      Zero Waste Kit

Zero Waste Kit adalah seperangkat alat yang digunakan untuk mempermudah kita dalam hidup minim sampah. Ada banyak sekali pilihan zero waste kitApabila ingin memberikan suatu hal yang spesial untuk mengajak orang melakukan zero waste life style atau ingin secara halus mempengaruhi orang terdekat untuk mengurangi sampah, zero waste kit yang cocok sekali diberikan misalnya kotak makan untuk belanja makan, tumbler untuk minum, tas belanja untuk berbelanja, sapu tangan untuk mengelap, sendok garpu atau sedotan dan masih banyak lagi.

3.      Zero Waste Personal Care

Zero Waste Personal Care adalah salah satu hadiah yang dapat diberikan untuk perawatan pribadi, terlebih di tengah pandemi saat ini, hadiah yang dapat diberikan berupa hadiah masker, hand sanitizer, atau minuman herbal untuk meningkatkan kesehatan.

4.      Berikan Hadiah Makanan

Hadiah juga bisa memberikan berupa makanan atau minuman buatan sendiri, seperti kue, jus, soto, sop, atau makanan dan minuman lainnya.

5.      SPA or Massage Cards

SPA or Massage Cards juga menjadi hadiah favorit banyak orang, bisa kalian berikan untuk orang tua kalian yang setiap hari kerja atau berbagai aktivitas. Sangat tepat bagi kita untuk memberikan waktu  mereka agar bisa menikmati spa atau massage supaya segar dan bisa beraktivitas kembali.

6.      Tiket Konser

Tiket konser juga pas diberikan untuk hadiah minim sampah contohnya memberikan hadiah tiket nonton konser grup band atau penyanyi kesayangannya.

7.      Do-It-Yourself (DIY) your gift

Hadiah untuk sahabat atau orang terkasih. Do-It-Yourself  hadiah yang dibuat sendiri adalah salah satu hadiah yang tidak ternilai harganya, apalagi kalau datang dari seseorang yang sangat dekat. Kamu bisa buat sendiri hadiahmu misalnya seperti buku memori bersama.

8.      Your Time

Sama halnya seperti kado buatan sendiri, kado berupa waktu juga sangat tidak ternilai. Karena seperti kata orang “waktu tidak bisa diputar kembali”. Jika seseorang memberikan waktunya untuk kamu, berarti kamu spesial. Contohnya menggantikan menjaga anak, menggantikan membereskan pekerjaan rumah, meluangkan waktu bersama di rumah.

9.      Money or Gift Cards

Kalau bingung ingin memberikan hadiah apa, kita bisa berikan uang atau memberikan hadiah berupa gift cards atau voucher supaya yang diberikan hadiah bisa pilih kadonya sendiri.

Demikian beberapa ide hadiah yang dapat diberikan kepada kerabat, keluarga atau orang-orang tersayang untuk memperingati moment spesial tersebut. Hadiah yang diberikan tidak hanya bagus dan berguna, tapi juga ramah lingkungan, untuk lingkungan yang lestari.

 

Sumber:

https://sustaination.id/hadiah-minim-sampah/

Sumber Gambar:

https://www.jawapos.com/hobi-kesenangan/25/04/2022/sansevieria-dan-monstera-hamper-tanaman-hias-untuk-kerabat/