(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

CARA MEMBUAT KIPAS DARI BOTOL BEKAS

Admin dlh | 16 April 2024 | 424 kali

CARA MEMBUAT KIPAS DARI BOTOL BEKAS

Oleh:

Putu Eka Juliartawan, A.Md

 

Beberapa hari belakangan banyak masyarakat mengeluhkan cuaca yang tidak menentu. Hujan deras yang mengguyur bumi dan terkadang cuaca panas yang ekstrim membuat badan merasa tidak nyaman. Cuaca yang panas membuat kita malas beraktivas diluar rumah, bahkan untuk diam di dalam rumah terkadang merasa tidak nyaman. Terlalu panasnya cuaca membuat rumah menjadi pengap. Satu-satunya jalan agar rumah menjadi sejuk dengan menyalakan AC atau kipas angin. Hal ini membuat pengeluaran biaya listrik menjadi membengkak. Salah satu solusi untuk mengurangi pembekakan biaya listrik namun rumah tetap terasa sejuk yaitu memanfaatkan botol yang sudah tidak terpakai lagi menjadi alat untuk menyejukkan badan ataupun rumah kita.

Botol yang sudah tidak terpakai lagi atau botol bekas kita mengkonsumsi air mineral saat cuaca panas bisa kita manfaatkan untuk membuat rumah lebih sejuk. Pemanfaatan botol bekas menjadi kipas juga bisa dilakukan untuk mengurangi biaya listrik dan mengurangi sampah plastik yang ada dirumahmu. Memanfaatkan botol bekas menjadi kipas tidak membutuhkan waktu dan bahan yang banyak. Berikut bahan dan cara menyulap botol bekas menjadi kipas.

1.      1. Siapkan bahan seperti dua buah botol bekas, dua buah karet gelang, lidi, lem tembak, gunting dan juga silet/cutter.

2.      2. Buatlah lubang pada bagian tengah kedua tutup botol. Lalu ambil satu botol dan lubangi bagian bawah tengah.

3.      3. Ambil botol bekas yang masih utuh, lalu potong bagian bawah botol. Selanjutnya gunting badan botol menjadi empat bagian memanjang (gunting seperti baling-baling).

4.      4. Selanjutnya tekuk sedikit lidi untuk menaruh karet gelang lalu lem.

5.     5. Masukan lidi kedalam botol bekas yang bagian bawahnya sudah dilubangi. Sisakan karet gelang diluar lubang lalu masukkan batang lidi yang pendek untuk mengganjal karet gelang agar tidak masuk kedalam botol, selanjutnya lem lidi yang pendek agar lebih kuat.

6.      6. Pasangkan tutup botol yang berisi lidi lalu satukan tutup botol dengan tutup botol yg lain dengan menarik lidi. Selanjutnya lem lidi agar tutup botol tidak lepas.

7.      7. Pasangkan botol bekas yang berbentuk baling pada tutup botol satunya. Putar botol bekas untuk membuat baling kipas berputar dan berfungsi.

 

Sumber:

https://youtu.be/VA-gc5gdSEg?si=asai10ft6L0N8i9d