(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

TANAMAN DAUN DEWA SEBAGAI OBAT HERBAL

Admin dlh | 16 Januari 2023 | 9805 kali

TANAMAN DAUN DEWA SEBAGAI OBAT HERBAL

Oleh:

Komang Agus Triyasa, A.Md

 

Daun Dewa (Gynura pseudochina) atau yang juga dikenal dengan nama Daun Sambung Nyawa yang satu ini merupakan tanaman asli Cina yang banyak dikembangkan di Asia Tenggara dan Afrika. Tanaman ini diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun Dewa memiliki panjang 20 cm dan lebar 10 cm. Tanaman yang tumbuh tegak dengan batang daun pendek lunak berbentuk segilima ini mengandung senyawa flavonoid, polifenol, vitamin K, asam hidrolik, saponin, dan minyak atsiri. Tanaman ini sangat cocok bila ditanam di Halaman Rumah anda, karena warna daunnya yang sangat terang akan memperindah halaman rumah anda. Selain itu tanaman ini juga sangat cocok dijadikan sebagai pertolongan pertama pada demam dan radang tenggorokan. Jika kamu juga tertarik untuk menjadikan Daun Dewa sebagai ramuan herbal di Rumah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

·         Ambil 5 lembar Daun Dewa. Pilih daun dari tanaman yang kira-kira telah berusia sekitar 8 bulan, kemudian cuci bersih.

·         Rebus daun tersebut dengan 3 gelas air pada panci yang bukan berbahan stainless.

·         Biarkan beberapa saat hingga air rebusan sedikit menyusut.

·         Kemudian, tuangkan ke dalam gelas.

·         Air rebusan siap untuk diminum. Sisa rebusan juga masih dapat dibuat satu kali ramuan lagi.

 

Berikut beberapa manfaat Daun Dewa:

1.    Mengobati Stroke

Stroke merupakan masalah kesehatan yang disebabkan karena adanya kerusakan jaringan otak akibat pembuluh darah ateri yang bertanggung jawab atas aliran darah ke otak. Diperlukan penanganan sesegera mungkin untuk mencegah hal-hal buruk terjadi. Manfaat Daun Dewa yang pertama ialah dapat membantu mengobati stroke. Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara merebus Daun Dewa dengan air panas mendidih, dan diminum secara teratur dua kali sehari.

2.    Mengobati Diabetes

Diabetes adalah salah satu masalah kesehatan yang diakibatkan oleh tingginya kadar gula darah di dalam tubuh. Penyakit ini dibedakan berdasarkan beberapa kategori, diantaranya diabetes tipe 1, tipe 2, diabetes gestasional, diabetes steroid, dan lain-lain. Untuk mencegah naiknya gula darah di dalam tubuh, kamu bisa mencoba konsumsi air rebusan daun dewa secara rutin 1 kali sehari. Ekstrak daun dewa dipercaya dapat mengobati sekaligus mencegah terjadinya penyakit diabetes.

3.    Mengatasi Rematik

Rematik merupakan gangguan kesehatan yang memengaruhi sendi tulang yang disebabkan oleh adanya peradangan pada persendian. Bentuk pencegahannya bisa dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, rendah lemak, dan protein tingkat sedang. Cara lain untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi Daun Dewa. Kegunaan Daun Dewa ini bisa kamu dapatkan dengan cara merebus daunnya, kemudian campur air rebusan tersebut dengan jahe agar semakin efektif khasiatnya. Perlu diketahui juga bahwa cara ini hanya bersifat sebagai penunjang dari pengobatan medis.

4.    Mengobati Luka Memar

Kandungan flavonoid di dalam Daun Dewa terbukti dapat mencegah pembekuan darah. Dengan begitu, senyawa flavonoid ini dapat meleburkan gumpalan darah untuk mengurangi pembekakan. Dapatkan khasiat Daun Dewa satu ini dengan cara mencampurkan beberapa helai Daun Dewa yang telah dihaluskan dengan beberapa daun tanaman jarak. Setelah itu, letakkan campuran tersebut pada bagian yang memar.

5.    Mengobati Batuk Darah

Batuk merupakan gangguan kesehatan yang umum terjadi pada seseorang. Kondisi dapat dikatakan berbahaya ketika saat batuk seraya mengeluarkan darah. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan Daun Dewa sebagai ramuan herbal untuk membantu pengobatan. Rebus daun dewa dan konsumsi air rebusan tersebut sebanyak tiga kali sehari secara rutin dengan takaran setengah gelas.

6.    Meningkatkan Fungsi Seksual dan Reproduksi

Manfaat Daun Dewa untuk kesehatan berikutnya adalah dapat meningkatkan fungsi seksul dan reproduksi. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang menjelaskan bahwa tanaman herbal ini dapat mengobati kemandulan. Daun dewa berkhasiat meningkatkan fungsi reproduksi pada pria diabetes yang tidak subur, yang meliputi peningkatan jumlah, kualitas, dan motilitas sperma.

 

Pustaka:

https://minahasa.pikiran-rakyat.com/kesehatan/pr-2525381348/rahasia-obat-tradisional-daun-dewa-sembuhkan-darah-tinggi-dan-diabetes

Sumber Gambar: https://id.wikipedia.org/wiki/Daun-Dewa