(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

PRODUK RECYCLE SAMPAH HIASI STAND PAMERAN DLH DI BULELENG DEVELOPMENT FESTIVAL TAHUN 2023

Admin dlh | 06 September 2023 | 228 kali

PRODUK RECYCLE SAMPAH HIASI STAND PAMERAN DLH DI BULELENG DEVELOPMENT FESTIVAL TAHUN 2023 

Oleh:

Komang Nila Yanti, SE

 

Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng menggelar lomba recycle sampah untuk masyarakat umum di Kabupaten Buleleng. Sampah dan barang bekas yang nyaris tidak berguna bisa disulap menjadi karya-karya yang indah dan karya para memenang berkesempatan dipamerkan di Stand Pameran DLH dalam acara Buleleng Development Festival Tahun 2023 yang berlokasi di Lapangan Gor Bhuana Patra Singaraja. Pameran ini diselenggarakan selama sepuluh hari dari Tanggal 15 hingga 24 Agustus 2023.  

Karya pemenang recycle sangat menarik perhatian pengunjung karena terbuat dari material yang didominasi oleh sampah anorganik seperti botol-botol plastik kemasan dan kantong plastik sekali pakai. Karya-karya tersebut sebagai bentuk kreativitas dan upaya pengurangan sampah yang dilakukan oleh masyarakat. Selain itu, karya yang dihasilkan mampu meningkatkan nilai tambah dari sampah yang selama ini dianggap tidak bermanfaat dan tidak memiliki nilai sama sekali. Pemanfaatan sampah anorganik ini juga mampu mengurangi sampah dari sumber-sumber sampah sepertu rumah tangga, sekolah, kelurahan/ desa dan lainnya sehingga akan membantu pemerintah dalam melakukan pengelolaan sampah menjadi lebih efisien.

Adapun beberapa produk yang ditampilkan dalam stand tersebut seperti vas bunga, tas, lampu tidur, miniatur truck sampah, topi dan lain-lain. Selain itu, stand DLH menampilkan informasi-informasi mengenai edukasi pengelolaan sampah seperti pembuatan eco enzyme, pembuatan pupuk kompos, Bang Daus, lubang biopori, dan budidaya maggot termasuk memajang produk jadi olahan sampah seperti cairan fermentasi eco enzyme, dan pupuk kompos dari kreativitas Bank Sampah Kaliber. Secara umum konsep stand pameran DLH adalah pengelolaan sampah khususnya kegiatan pengurangan sampah seperti reduce, reuse, dan recycle. Tujuan stand pameran ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Buleleng tentang pengelolaan sampah sehingga sampah rumah tangga dapat bermanfaat dan dapat memiliki nilai.