(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

TANAMAN CABAI DAN MANFAATNYA

Admin dlh | 08 September 2022 | 18127 kali

TANAMAN CABAI DAN MANFAATNYA

Oleh:

Made Witari, S.ST., M.Si

 

Cabai adalah buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum (id.Wikipedia.org).  Buahnya dapat digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu, tergantung bagaimana pemanfaatannya. Sebagai bumbu, buah cabai yang pedas sangat populer di Asia Tenggara sebagai penguat rasa untuk makanan. Selain itu, cabai merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena memiliki harga jual yang tinggi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kenaikan harga cabai merah menjadi salah satu penyebab terjadinya inflasi (antaranews.com/2020). Kenaikan harga cabai menurut Kepala BPS Suhariyanto disebabkan karena tingginya curah hujan di berbagai daerah.

Beberapa manfaat cabai untuk kesehatan antara lain (health.kompas.com):  

1.      Menyehatkan Jantung

Kandungan capsaicin pada cabai merah diyakini juga mampu menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah terjadinya pembekuan darah. Penelitian lainnya menunjukkan masalah kesehatan jantung bisa diakibatkan oleh kadar kolesterol jahat/LDL yang menyumbat di pembuluh darah dan bisa berpengaruh pada kesehatan jantung. Tidak hanya itu, peran cabai dalam menjaga kesehatan jantung juga tidak terlepas dari kandungan capsaicin yang dikenal efektif dalam melawan inflamasi sebagai salah satu penyebab risiko terjadinya penyakit jantung.

2.      Membantu melancarkan sirkulasi darah

Masih menyambung pembahasan sebelumnya, cabai merah juga bermanfaat dalam melancarkan sirkulasi darah dan menurunkan tekanan dalam darah. Apalagi, kandungan vitamin A dan C pada cabai merah juga dikenal baik dalam menguatkan dinding pembuluh darah.

3.      Berperan sebagai antikanker

Banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teratur makanan pedas akan mengurangi risiko kanker. Capsaicin dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker dan pada banyak kasus, sel-sel kanker dapat mati tanpa membuat kerusakan pada sel sehat di sekitarnya.

4.      Meningkatkan fungsi saluran cerna

Selain itu, kandungan capsaicin miliknya juga membantu mempercepat pembunuhan bakteri Helicobacter pyloriyaitu salah satu penyebab terjadinya sakit maag. Tapi perlu diperhatikan, apabila kamu mengalami heartburn (rasa panas) setelah mengonsumsi cabai merah, segera tangani masalah tersebut dengan mengonsumsi tablet antasid untuk membantu menetralisir asam di lambung.

5.      Meredakan masalah flu

Cabai dapat meredakan masalah flu dengan mengonsumsi makanan pedas yang mengandung cabai merah. Hal tersebut dikarenakan, kandungan capsaicin miliknya dapat membantu mempercepat pengeluaran keringat dan menghilangkan gejala flu. Tidak hanya itu saja, makanan pedas juga bisa membantu membuka jalan pernapasan, mengurangi masalah sinusitis, serta penyebab gejala flu lainnya.

6.      Dapat membuat tidur lebih nyenyak

Orang yang rutin mengonsumsi makanan pedas ternyata memiliki kualitas tidur lebih nyenyak dibanding mereka yang tidak. Bahkan, mereka cenderung lebih mudah bangun pagi dengan kondisi tubuh yang lebih segar.

7.      Melancarkan pernapasan

Orang yang rutin mengonsumsi makanan pedas ternyata memiliki kualitas tidur lebih nyenyak dibanding mereka yang tidak. Bahkan, mereka cenderung lebih mudah bangun pagi dengan kondisi tubuh yang lebih segar.

8.      Meredakan sakit

Mengonsumsi cabai merah juga ternyata punya manfaat yaitu meredakan sakit. Capsaicin, adalah salah satu senyawa dalam cabai merah yang terikat dengan reseptor nyeri, yaitu ujung syaraf yang biasa merasakan nyeri atau sakit. Semakin mengonsumsi cabai merah semakin menurunkan sensitifitas reseptor nyeri yang dapat merasakan salah satunya rasa pedas pada cabai.

9.      Menjaga mood

Cabai merah diyakini mampu meningkatkan level endorfin dan serotonin dalam tubuh seseorang. Kandungan tersebut dinilai dapat membantu menghilangkan rasa nyeri dan mampu memberikan rasa nyaman pada orang yang mengonsumsinya. Hormon ini juga berperan dalam menekan rasa stres dan depresi.

10.  Menurunkan resiko diabetes Tipe-2

Mengonsumsi cabai merah juga dapat menurunkan produksi insulin dalam darah yang merupakan salah satu gejala diabetes tipe 2. Justru menurut penelitian American Journal of Clinical Nutrition mengonsumsi makanan dengan kandungan cabai merah dapat membantu mengontrol produksi insulin dalam batas wajar.

Begitu besar manfaat tanaman cabai khususnya bagi kesehatan oleh karena itu sangat perlu untuk ditanam di masing-masing pekarangan rumah. Selain manfaatnya yang banyak, cabai juga dapat ditanam dengan mudah sehingga bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari tanpa harus membelinya di pasar