(0362) 3302024
dlh@bulelengkab.go.id
Dinas Lingkungan Hidup

BE PASIH (BULELENG PANTAI BERSIH) UPAYA DLH BULELENG DALAM MEMINIMALISIR SAMPAH KIRIMAN DI MUSIM PENGHUJAN

Admin dlh | 01 Februari 2024 | 312 kali

BE PASIH (BULELENG PANTAI BERSIH)

Upaya DLH Buleleng dalam Meminimalisir Sampah Kiriman

di Musim Penghujan

Oleh:

Kadek Sukrawan

 

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan. Tak hanya indah, pantai juga menjadi tempat liburan yang murah untuk dikunjungi bersama keluarga. Bali merupakan salah satu wilayah yang sangat terkenal dengan keindahan pantainya. Namun, dibalik pantai yang indah tentu selalu ada masalah yang masih menjadi perhatian khusus sampai saat ini, yaitu sampah. Sampah di pantai bukan hanya mengganggu keindahan alam, tetapi juga dapat merusak ekosistem laut dan mengancam kehidupan berbagai spesies laut. Untuk itu, perhatian terhadap kebersihan pantai sangat penting.

Musim penghujan adalah periode yang dinanti-nanti oleh banyak orang karena membawa kesegaran alam, menyuburkan tanah, dan mengisi sumber air. Namun, musim penghujan juga membawa tantangan tersendiri, terutama terkait dengan penanganan sampah. Ketika curah hujan meningkat, sampah-sampah yang tidak tertangani terutama sampah kiriman dari sungai sudah pasti akan sampai ke pantai. Apabila tidak ditangai dengan baik dapat menyebabkan dampak negatif yang serius.

Tak terkecuali, hal ini juga terjadi di pantai-pantai wilayah Buleleng yang sampai saat ini masih menghadapi ancaman sampah kiriman. Upaya yang dilakukan kali ini berpusat pada wilayah pantai di Buleleng yaitu Pantai Lovina yang merupakan salah satu destinasi wisata di Bali Utara. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng berkolaborasi dengan KODIM, POLRES, OPD dan juga Komunitas Lingkungan mengadakan aksi Buleleng Pantai Bersih (Be Pasih). Aksi ini dilakukan di sepanjang Pantai Lovina guna meminimalisir sampah kiriman dari sungai di musim penghujan ini.

 

Sumber: https://www.indonexa.com/2023/09/pentingnya-penanganan-sampah-dalam.html

               https://pantai.or.id/bersih-pantai/