Sambutan

  • Admin Bulelengkab
  • 29 Pebruari 2016
  • Dibaca: 2284 Pengunjung

SELAMAT DATANG
  DI WEBSITE DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BULELENG

 

Om Swastiastu

Dalam rangka mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman, maka perlu adanya keterpaduan dan sinergitas antar pihak, khususnya antara pemerintah dan masyarakat. Pemerintah dalam hal ini bertindak sebagai fasilitator, regulator dan motivator  pemerintahan pembangunan serta msyarakat memiliki peran prinsif dalam mewujudkan buleleng yang bersih.

Pertumbuhan penduduk yang demikian pesat  dan ditambah dengan gaya hidup yang cenderung konsumtif serta terbatasnya ruang yang tersedia membuat sampah semakin menjadi problemaserius bagi pembangunan sebuah dan kawasan perkotaan.

Bagi sebagian orang, sampah adalah sesuatu yang membuat lingkungan menjadi kumuh, bau, jorok dan menjijikan. Sementara sebagian orang hanya bisa menyalahkan petugas jika terjadi penumpukan sampah di jalan-jalan yang tidak sedap dipandang mata atau menimbulkan bau busuk tanpa mau ikut aktif dalam mencari solusi penangannya.

Aktualisasi Buleleng Clean and Green salah satunya di implementasikan melalui pengolahan dan penanganan masalah sampah yang sebagian besar dihasilkan oleh Rumah Tangga.

Sampah disini di kelompokkan dalam sampah organik dan non organik. Paradigma terhadap sampah dewasa ini sebagai mana perda Provinsi Bali No 5 tahun 2011 tentang pengelolaan sampah, bahwa sampah bukan lagi kotoran yang tidak berguna, namun bagaimana menangani masalah sampah menjadi barang yang mempunyai nilai ekonomis yang bermanfaat bisa dapat di daur ulang. Dalam hal ini kita kenal dengan system 3R ( Reuse,Reduce dan Recycle ). Disamping itu kita mengajak untuk membiasakan masyarakat senantiasa melakukan pemilahan sampah organik dengan sampah non organik.

Mari kita budayakan pengelolaan sampah mulai dari Lingkungan Rumah Tangga untuk Buleleng Hijau, Bersih dan Lestari.

 

 

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup,

 

ttd

 

Putu Ariadi Pribadi, S.STP., MAP

Share Post :