Pembahasan Draft Laporan Akhir Penyusunan Kajian Konsep Pengembangan Taman Kota Menjadi Taman Tematik

  • admindlh
  • 23 Oktober 2020

Kegiatan Pembahasan Draft Laporan Akhir Penyusunan Kajian Konsep Pengembangan Taman Kota Menjadi Taman Tematik di Kawasan Perkotaan Singaraja, Jum'at 23 Oktober 2020 di BalitbangInovda.

Rapat pembahasan dibuka oleh Kepala BalitbangInovda Kab. Buleleng (dr. Gede Wiartana, M.Kes) dan dilanjutkan dgn. pembahasan draft laporan akhir oleh Tim Kelitbangan bersama akademisi dari Undiksha dgn. hasil sbb. :
- Disepakati Taman Bung Karno menjadi Taman Tematik Warisan Sejarah dengan diperkaya tanaman upacara, Taman Soenda Ketjil menjadi taman bertema kuliner dan diperkaya dgn.tanaman perindang, Taman Kota (Taman I Gusti Ngurah Rai) difungsikan pula sebagai tempat evakuasi pada situasi tertentu, Taman Yowana Asri bertemakan utk kota yg ramah anak dan Taman di Rumah Jabatan selain bertema taman festival juga akan dijadikan taman ikonik bagi wisatawan yg datang ke Buleleng.
- Terdapat 2 nama yg diusulkan utk. Taman di Rumah Jabatan yaitu Taman Ganesha dan Taman Singa Ambara Raja sesuai dgn. kondisi eksisting yg. ada dan akan dikembangkan agar tidak terkesan eksklusif

Saran/usulan :
- Taman di Monumen Tri Yudha Sakti menjadi Taman yg bertema kepemudaan
- Rencana lahan Eks.BPU dibangun menjadi Taman bertemakan edukasi/literasi
- Pembangunan Taman Nirmala Asri dgn. 3 gate yaitu di Jalan Pidada, Jalan masuk yg sekarang dan melalui pasar tumpah (dekat Tukad Banyumala)

Laporan akhir dari kajian ini diharapkan menjadi dasar dalam perencanaan dan penganggaran pembangunan dan pengembangan Ruang Terbuka Hijau di Perkotaan Singaraja.

Share Post :