Sungai Banyumala BERSIH – Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Mandi di Sungai

  • admindlh
  • 10 April 2020
  • Dibaca: 502 Pengunjung

Oleh:

I Made Mayun Maha Diputra, S.Hut.,M.Agr.Sc., M.Sc

 

 

BULELENG - Sungai Banyumala merupakan salah satu sungai yang terletak di Wilayah Kelurahan Banyuasri Kabupaten Buleleng dan sering terdampak perncemaran dan kerusakan terutama akibat pencemaran oleh sampah dan penanaman kangkung secara illegal sehingga kondisinya tampak memperihatinkan. Melihat kondisi tersebut maka Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng berinisiatif membentuk Kelompok Petugas Sungai Banyumala. Secara umum tugas kelompok ini adalah menjaga kebersihan Sungai Banyumala untuk meningkatkan kualitas lingkungannya.

Kelompok Petugas Sungai Banyumala sudah bekerja keras selama setahun belakangan ini untuk melakukan penataan dan pembersihan Sungai Banyumala sehingga sudah terjadi banyak perubahan dan sekarang Sungai Banyumala tampak lebih bersih. Kondisi yang sudah cukup bersih ini akan terus ditingkatkan sehingga potensi Sungai Banyumala dapat dimaksimalkan kearah yang lebih baik salah satunya dengan menjadikan Sungai Banyumala sebagai Destinasi Wisata Rekreasi Air.  Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng, Putu Ariadi Pribadi, S.STP., M.AP (40) mengungkapkan bahwa kondisi air Sungai Banyumala layak digunakan untuk mandi oleh masyarakat. “Hari ini kita membuktikan bahwa air Sungai Banyumala layak dipakai mandi. Ini semua berkat sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Lingkungan Hidup bersama Lurah Banyuasri dan Kelian Desa Adat Banyuasri dan juga dukungan masyarakat di Sekitar Bantaran Sungai Banyumala. Masyarakat sudah sadar dan tidak membuang sampah sembarangan sehingga hari ini kita berani mandi disini. Sehari sebelum mandi kita juga sudah mengecek kualitas airnya melalui pengujian yang dilakukan oleh UPTD Laboratorium Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng dan hasilnya layak digunakan untuk mandi karena sudah memenuhi standar baku mutu kualitas air kelas II” ungkapnya sambil berendam di Sungai Banyumala.

 

Jumat, 10 April 2020 – Kadis LH, Lurah Banyuasri dan Staf Mandi Bersama di Sungai Banyumala sambil menikmati sinar matahari pagi dan selalu menjaga jarak satu sama lain.

 

Lurah Banyuasri, I Putu Artawan (53) membenarkan bahwa sejak adanya petugas sungai kondisi Sungai Banyuasri kini semakin bersih. “Sungai Banyumala kini kondisinya sudah bersih berkat adanya petugas sungai dari DLH dan kami berharap kedepannya Sungai Banyumala ini dapat berkembang dan dijadikan sebagai tempat destinasi wisata rekreasi air” tuturnya saat diwawancarai di Sungai Banyumala pagi tadi.

Share Post :