PANTAI LABUAN AJI EKSOTIS - DAYA TARIK WISATA YANG BELUM BANYAK DIKENAL.

  • admindlh
  • 24 April 2020
  • Dibaca: 404 Pengunjung

Giat DLH

Pantai Labuan Aji merupakan pantai yang terletak di Dusun Labuan Aji, Desa Temukus, Kabupaten Buleleng yang lokasinya tepat berada disebelah Utara Pura Labuan Aji dan Pura Segara Desa Pakraman Temukus. Dahulu kondisi pantai ini sangat kotor dan banyak sampah sehingga tidak nyaman dimanfaatkan oleh masyarakat untuk bersantai. Melihat kondisi tersebut, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Buleleng berinisiatif menempatkan petugas khusus untuk membersihan pantai. Petugas pantai ini secara rutin membersihkan pantai dan selalu bersinergi bersama Perbekel dan Kelian Desa Adat Temukus dalam mewujudkan Pantai Labuan Aji yang lebih baik. Kerja keras membersihkan pantai yang selama ini sudah dilakukan telah berbuah hasil, yaitu Pantai Labuan Aji saat ini tampak bersih dan sangat nyaman digunakan oleh masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas santai bersama teman dan keluarga. Kebersihan pesisir pantai menambah eksotisme Pantai Labuan Aji. Jika kita berkunjung saat subuh, kita dapat menikmati indahnya matahari terbit (Sunrise) dengan suasana penuh kedamaian diiringi suara ombak bertabuh dan segarnya udara pagi hari. Begitupun saat sore hari menjelang malam, suasana matahari tenggelam (Sunset) disisi barat akan sangat memanjakan pandangan mata kita. Bunga Katang-Katang (Ipomoea pes-caprae) yang tubuh alami juga bisa kita jumpai di tempat ini sehingga pesisir Pantai Labuan Aji semakin terihat eksotis. Itulah potensi daya tarik wisata yang selama ini belum banyak dikenal masyarakat luas.

 

Potensi Pantai Labuan Aji sebenarnya dapat dikembangkan oleh pihak desa dengan cara membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang beranggotakan dari masyarakat desa setempat. Pebentukan Pokdarwis dapat dikoordinasikan kepada Dinas Pariwisata Kabupeten Buleleng untuk mendapat informasi dan arahan yang jelas.  Pengembangan wisata Pantai Labuan Aji akan berdampak positif bagi kemajuan Desa Temukus. Partisipasi masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk mendukung terwujudnya destinasi wisata baru di Pantai Labuan Aji. Bentuk-bentuk pengembangan wisata pantai dapat ditempuh dengan berbagai cara, misalnya dengan membuka wahana bermain air seperti banana boat, jet ski, kano, perahu gayung, dan lainnya. Selain itu juga dapat membuka kios-kios cenderamata sehingga membuka kesempatan warga desa untuk berkreativitas membuat cenderamata khas desa setempat sebagai upaya memperkenalkan keindahan dan karakteristik desa kepada para wisatawan. Upaya-upaya pengembangan tersebut akan dapat mebuka lapangan pekerjaan dan menambah pendapatan desa.

Alam akan jauh lebih bersahabat jika kita bisa menjaga hubungan baik dengan lingkungan sekitar. Alam juga akan memberikan banyak manfaat kepada kita jika kita bisa mengelolanya secara berkelanjutan (Sustainable Management). Tatkala manusia dan lingkungan bersahabat ciptakan pesona keseimbangan alam bak "Harmonisasi Pasir dan Bunga Katang-Katang" yang selalu hidup berdampingan dalam eksotisme pesisir pantai, maka pada saat itulah kita bisa nikmati manfaat dari Alam. Namun kita tidak boleh egois dan serakah karena pada hakekatnya kehidupan ini masih akan terus berlangsung sehingga manfaat ini tidak untuk kita semata tetapi juga untuk anak cucu kita kini dan nanti.

 

Oleh : I Made Mayun Maha Diputra, S.Hut.,M.Agr.Sc., M.Sc

Share Post :